Logo

Gubernur Sulteng Luncurkan Program Smart Village Pemkab Sigi

Bupati Sigi Moh Irwan Pada Peluncuran Smart Village (Foto : Humas).jpg

INFOSULAWESI.com, SIGI -- Desa Pakuli mendapatkan kehormatan menjadi Desa pertama di Sulawesi Tengah yang diluncurkan menjadi pilot project Smart Village. Peresmian Smart Village ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, General Manager PT. PLN (Persero) Suluttenggo, Direktur Utama Icon+ & mewakili Menteri Desa PDTT RI yaitu Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT RI.

Pada Kesempatan itu sebagai sambutan pembuka, Bupati Sigi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Desq PDTT RI, Gubernur Sulawesi Tengah, PT. PLN (Persero) , Icon+ atas perhatiannya sehingga Desa Pakuli dijadikan Pilot Project Pembangunan Smart Village di Provinsi Sulawesi Tengah. Bupati Sigi berharap program Smart Village akan memberikan dampak yang besar dalam membangun Desa. 

Selain itu menurut Bupati Sigi konsep Smart Village ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan ekonominya ditengah pesatnya arus perkembangan teknologi.

Bupati Sigi menambahkan bahwa kiranya Program Smart Village kedepan dapat lebih cepat dibangun di setiap desa di Kabupaten Sigi demi tercapainya masyarakat Sulteng yang maju dan masyarakat Sigi yang berdaya saing.

Selanjutnya Menteri Desa, Daerah tertinggal dan Transmigrasi yang diwakili Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa Kementerian Desa PDTT RI Rajali Abdul Rahmat menyampaikan bahwa di Era Digitalisasi saat ini dibutuhkan Program yang mendukung peningkatan pembangunan di Desa dan sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Yang mana UU tersebut mengamanatkan agar pemerintah daerah mendorong dan menyediakan perangkat jaringan informasi yang dapat meningkatkan pembangunan desa. 

Kepala Badan Pengembangan dan Informasi menyampaikan rasa bangga dengan terobosan Gubernur Sulawesi Tengah atas gagasannya untuk mendorong tersedianya program Smart Village pada setiap desa di Sulawesi Tengah. Menurutnya Smart Village dapat membuat sebuah Desa menjadi Desa Cerdas , Desa Pintar, Desa Berprestasi dan Desa Maju, sehingga Desa dapat melangkah maju untuk membuat loncatan dalam membangun masyarakat.

Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya sangat bersyukur dengan diresmikannya Pilot Project Smart Village di Desa Pakuli. Gubernur menyampaikan bahwa diharapkan 1.000 Desa di Sulawesi Tengah akan dibangun Smart Village. Selain itu Gubernur juga menyampaikan agar masyarakat memperbanyak belajar dan membaca karena melalui belajar dan membaca dapat diperoleh pengetahuan untuk memiliki gagasan besar. Tak lupa Gubernur juga menyampaikan harapannya kepada seluruh ASN dan pejabat agar terus meningkatkan nilai-nilai kejujuran untuk diwariskan kepada generasi penerus kedepan. Mengakhiri sambutannya Gubernur berharap semoga dapat secepatnya dibangun konsep Smart Village pada setiap desa di Sulawesi Tengah. (*)