Logo

Pemrov Sulsel Rencanakan Pembangunan Arena Pacuan Kuda di Kabupaten Jeneponto

INFOSULAWESI.com, JENEPONTO -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan merencanakan pembangunan arena pacuan kuda yang terletak di Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Rabu (11/5/2026)

Pemprov akan serius untuk membangun pacuan kuda ini di Jeneponto, karena Bapak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman telah melihat kondisi di Jeneponto yang sangat berpotensi untuk dibangun arena balap kuda yang merupakan salah satu aicon Jeneponto sekaligus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Jeneponto melalui kearifan lokal.

Dalam pacuan kuda ini sudah menjadi tradisi bagi warga Jeneponto, apalagi setiap akhir pekan selalu ada pacuan kuda, walaupun tidak diadakan secara resmi namun masyarakat Jeneponto sangat antusias dalam menyaksikan pacuan kuda secara langsung.

Pemprov Sulawesi Selatan akan berusaha untuk memfasilitasi dengan membuat wadah bagi warga Jeneponto yang menyukai pacuan kuda, oleh karena itu pembangunan arena pacuan kuda ini akan bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Jeneponto, tentu ini menjadi kebanggaan Masyarakat Jeneponto Jika arena pacuan kuda telah dibangun oleh Pemprov Sulawesi Selatan dengan mewujudkan salah satu Misi yang tertuang dalam RPJMD Prov. Sulsel 2018-2023 yaitu "Menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru"

Kunjungan ini dipimpin oleh Kadis Perdagangan Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo yang juga merupakan salah satu putra terbaik didaerah Kabupaten Jeneponto. Menurut Ashari, Gubernur Sulsel ingin memastikan kelayakan lokasi seperti kepemilikan tanah dan faktor penunjang lainnya sebelumnya memasuki tahap lanjutan rencana pembangunan.

"Jadi Intinya adalah Bapak Gubernur ini akan berharap kepada seluruh masyarakat Jeneponto agar kita semua ikut membantu dalam pembangunan arena pacuan kuda dan tetap turun langsung di lapangan mengecek ketersediaan lokasi untuk perencanaan pembangunan pacuan kuda di Kabupaten Jeneponto, Pak Gubernur berharap tempat pacuan kuda ini menjadi representatif dengan memakai standar nasional sebagai arena pacuan." jelas Ashari.

Menurut Ashari, Gubernur Andi Sudirman juga ingin memastikan beberapa hal terkait dengan rencana pembangunan arena pacuan kuda tersebut. Beberapa hal tersebut terkait kepastian bahwa lokasi dengan luas 5 hektar tersebut merupakan milik Pemprov dengan bukti kepemilikan berupa sertifikat. Setelah itu akan dilakukan studi kelayakan dan persiapan lain untuk mewujudkan sarana olahraga pacuan kuda yang terstandar.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Jeneponto Muh. Arifin Nur menyambut baik rencana Pemprov tersebut. Hanya saja lokasi yang rawan banjir diharapkan menjadi perhatian Pemprov untuk melakukan antisipasi. Namun secara umum, rencana Pemprov akan berdampak positif terhadap pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jeneponto.

"Tentunya kami dari Pemerintah Daerah sangat merespon dengan baik rencana Pemprov Sulsel. Tentunya sebelum pelaksanaan harus dipastikan semua alas haknya supaya di belakang tidak ada persoalan". ungkap Arifin.

Dalam kunjungan Pemprov Sulsel ini, turut hadir Kasatpol PP Sulsel Mujiono, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Inspektorat Daerah, Bapelitbangda Sulsel, Dispora Sulsel, Dinas Pertanian Sulsel serta Dinas Kominfo Sulsel. (*)