Logo

Kesiapan Arus Balik dan Pentingnya Kesadaran Berkendara

Polisi melakukan olah TKP pascakecelakaan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek KM 58, Karawang, Jawa Barat, Senin (8/4/2024). Saat ini mulai masuk arus balik dan semua pihak diharapkan tidak terlena (Foto: ANTARA/Bayu Pratama S/nym)

BannerselamatHariraya20241-ezgif.com-resize

KECELAKAAN tunggal yang melibatkan bus Rosalia Indah di ruas Tol Batang-Semarang, Kamis 11 April 2024 pagi, membuat kita mengurut dada. Rasa kantuk luar biasa pengemudi bus nahas tersebut, ditengarai menjadi penyebabnya.

Si pengemudi bus kepada pihak kepolisian juga mengaku memang mengantuk. Bahkan diduga mengalami microsleep alias mata terpejam beberapa detik.

Tujuh orang harus meregang nyawa dalam kejadian tersebut. Termasuk kernet bus yang berada di sisi kiri.

Peristiwa bus Rosalia Indah dan kejadian sebelumnya, yaitu kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek maupun lakalantas lainnya selama arus mudik Lebaran, mengingatkan kita terhadap pentingnya kesadaran dari pemudik. Terutama mereka yang menempuh perjalanan jauh, seperti sopir kendaraan umum.

Jangan pernah meremehkan imbauan untuk beristirahat ketika memang kondisi badan sudah lelah, mengantuk, dan lain sebagainya. Ini demi keselamatan diri sendiri maupun sesama pengguna jalan raya.

Data kepolisian maupun fakta di lapangan telah membuktikan, kalau tidak patuh dengan aturan atau arahan petugas, maka ada risiko besar yang harus ditanggung. Kalau sudah begitu, sebesar apa pun usaha membuat arus mudik aman dan lancar, tetap tidak berarti.

Kini, arus mudik Lebaran sudah selesai, tetapi masih ada pekerjaan lain, yaitu arus balik. Jutaan orang akan kembali ke tempat di mana mereka bekerja atau merantau.

Kelancaran dan keselamatan arus balik ini sama halnya dengan harapan ketika menghadapi arus mudik. Seluruh pemangku kepentingan diharapkan jangan terlena, begitu pula dengan pemudik itu sendiri.

Sekali lagi keselamatan berkendara, terutama saat arus balik, harus dijadikan prioritas. Pastikan kondisi badan bugar sepanjang perjalanan, supaya tiba di tempat tujuan dengan selamat.