Logo

UKT Melejit, Mahasiswa Menjerit

BIAYA Uang Kuliah Tunggal atau UKT di perguruan tinggi negeri (PTN) sedang menjadi sorotan khalayak karena memberatkan. Mahasiswa dari berbagai kampus memprotes besaran UKT yang terlalu besar.

Kenaikan biaya kuliah terjadi di sejumlah PTN  setelah diterbitkannya Kepmendikbudristek tahun 2024. Langkah tersebut menuai protes dari mahasiswa berbagai PTN, seperti UGM, Unsoed, ITB, dan masih banyak lainnya.

Contohnya di Unsoed, UKT untuk mahasiswa baru angkatan 2024. Program studi keperawatan kelas internasional di sana UKT tertinggi Rp52 juta, naik hampir lima kali lipat dari sebelumnya Rp9 juta.

Hampir sebagian besar masyarakat, khususnya orang tua dan pengamat pendidikan mengajukan peninjauan kembali UKT. Namun, hingga kini belum membuahkan hasil. 

Beberapa mahasiswa bahkan terpaksa mencari beasiswa, pinjaman, bahkan menjual barang berharga. Semua demi bisa membayar UKT.

Kita berharap pemerintah bisa mengkaji ulang Kepmendikbudristek tahun 2024 terkait UKT di PTN itu. Sebab, pendidikan adalah aset pembangunan dan bisa dibayangkan kalau makin banyak generasi muda yang tidak mampu mengakses PTN.