Logo

BKKBN Usulkan Stunting Sebagai Penerima Program Makan Gratis

JAKARTA -- Anak-anak berisiko stunting diusulkan sebagai penerima program makan gratis. Usulan ini disampaikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo.

"Kalau di kita keterbatasan anggaran paling tidak usulan kami keluarga berisiko tinggi stunting yang by name by address yang menjadi sasaran utama. Usulan, yang tentu, kalau kami diminta usulan, kami sudah siap," kata Hasto di Ruang Rapat Komisi IX dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR membahas percepatan penanganan stunting, Kamis (16/5/2024).

Hasto menyebut anggaran Pemerintah masih terbatas untuk memenuhi seluruh keperluan gizi ibu hamil. Ia mengusulkan agar keluarga berisiko tinggi stunting yang menjadi sasaran utama program makan siang dan susu gratis.

"Masukan itu konkret. Kalau di beberapa negara, stuntingnya sukses turun diperhatikan pemberian vitamin, makanan tambahan pada ibu hamil, untuk paket.  Itu kan riil di beberapa negara maju dengan stunting yang tinggi dan ekonominya bagus," katanya.

Hasto menyatakan pihaknya mendukung jika dilibatkan dalam program makan siang dan susu gratis. Ia mengatakan program yang digagas Presiden dan Wapres terpilih beririsan dengan penanganan stunting.