Logo

Mencari Solusi Air Global di WWF Bali 2024

FORUM Air Dunia (World Water Forum) Ke-10 diselenggarakan di Bali pada 18-25 Mei 2024. Tema forum air terbesar dunia kali ini adalah “Water for Shared Prosperity”.

WWF akan dihadiri lebih dari 13 ribu orang dari 148 negara. Delegasi VVIP terdiri dari delapan kepala negara dan wakil kepala pemerintahan.

Di dunia saat disparitas dalam akses air bersih dan sanitasi masih sangat tinggi, tentu Forum Air Dunia menjadi ajang mencari solusi dan mengatasi tantangan. Ini guna mendorong pembangunan berkelanjutan dan mengurangi kesenjangan aksesibilitas terhadap air bersih dan sanitasi di setiap negara.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam rakor panitia nasional di Bali, Kamis lalu, mengatakan 120 proyek strategis terkait air dan sanitasi bernilai USD9,4 miliar atau sekitar Rp150 triliun, akan disepakati dalam penyelenggaraan WWF.

Dengan mengumpulkan kepala negara, pemangku kepentingan, dan para ahli, forum ini bertujuan untuk merumuskan dan melakukan tindakan nyata. Hal ini untuk mengubah status quo dan mendorong perubahan positif. dalam lanskap kondisi akses air bersih dan sanitasi global.

Saat kita menyaksikan efek perubahan iklim yang menghancurkan, mulai kekeringan berkepanjangan hingga banjir yang parah, maka forum ini sangatlah penting. Sebab, bisa memberikan prioritas untuk praktik pengelolaan air yang berkelanjutan demi memastikan keamanan air bagi generasi mendatang.

Hasil forum ini tidak hanya akan menginspirasi tindakan lebih lanjut, tetapi juga berkontribusi membangun dunia lebih tangguh dan berkelanjutan melalui spirit dan filosofi air. Spirit dan filosofi itu adalah air mengalir dari atas ke bawah, membersihkan, menyembuhkan, mendinginkan, dan menopang kehidupan serta kemakmuran.

Tentu penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah, merupakan bukti nyata kepercayaan dunia terhadap kemampuan dalam mengelola sumber daya air. Forum ini memberi peluang Indonesia memperlihatkan kemampuan mengelola air bersih dan memperkuat posisi di panggung internasional.

Diharapkan forum ini dapat menghasilkan diskusi yang konstruktif tentang pemeliharaan air bersih, baik Indonesia maupun dunia. Selain itu juga menjadi tonggak bersejarah menuju masa depan lebih berkelanjutan untuk akses air bersih.