Logo

Sikap Politik PDIP Setelah Rakernas

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politik saat penutupan Rakernas V di Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024)

PDIP telah selesai menggelar Rakernas V di Jakarta yang salah satu hasilnya memberi mandat kepada Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum, untuk menentukan sikap politik partai terhadap pemerintahan mendatang di bawah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sebelumnya Megawati sempat mengatakan sikap politik PDIP terhadap pemerintahan ke depan harus dicermati secara saksama. Artinya partai harus mendengarkan suara akar rumput, demi terwujudnya demokrasi yang sehat. 

Megawati juga menyebut PDIP merupakan partai politik yang mementingkan kontrol dan penyeimbang (check and balance). Namun, tidak secara lugas menyatakan dukungan, dalam hal ini berkoalisi atau menjadi oposisi, karena itu harus diperhitungkan secara matang. 

Banyak hal juga menjadi pembahasan dalam rakernas yang mengambil tema "Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang", dengan sub tema "Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya” itu, di antaranya langkah strategis partai memenangi sebanyak mungkin Pilkada 2024. Kemudian merumuskan program-program yang berpihak pada kepentingan rakyat. 

Selain itu rakernas ikut merumuskan langkah dalam mencermati persoalan ekonomi yang tidak ringan. Termasuk ancaman krisis pangan, geopolitik, dan disrupsi akibat perkembangan teknologi. 

Dengan pandangan dan strategi yang matang, PDIP berusaha tetap menjadi kekuatan politik utama di Indonesia. Artinya siap untuk membawa perubahan positif dan pembangunan yang berkelanjutan.

Kita berharap sikap politik itu mencerminkan dedikasi PDIP, untuk terus berperan aktif dalam pembangunan nasional. Dan, paling penting turut menghadirkan pemerintahan yang adil dan makmur bagi seluruh rakyat Indonesia.