Logo

Dilaksanakan Rutin, Pj Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Pengajian Subuh dan Ahad Gembira di Masjid Kawasan Kompleks Rumah Jabatan

media_online_2_2

MAKASSAR -- Setelah melaunching Sulsel Berdoa, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh melaksanakan Pengajian Subuh perdana dan Ahad Gembira di Masjid Kawasan Kompleks Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Minggu, 9 Juni 2024.

Kegiatan yang akan rutin dilaksanakan setiap Minggu (Ahad) ini menjadi bagian dari Sulsel Berdoa. Terdiri dari salat subuh berjamaah dan pengajian rutin, sekaligus merupakan bagian dari upaya memakmurkan masjid.

"Untuk pengurus, semua acara yang sudah disusun untuk masjid dengan gerakan spritual dan kebaikan, 1000 persen saya dukung, dan memakmurkan masjid untuk mensejahterakan Sulawesi Selatan," sebutnya.

Dia juga mengajak untuk saling mendoakan dalam kebaikan, demikian juga mengajak ASN Pemprov untuk mengikuti program Sedekah Seribu Sehari (S3) yang akan dapat membantu pegawai lainnya yang mengalami kesulitan.

Dia memotivasi agar membiasakan diri bangun subuh atau bangun pagi, karena merupakan sebuah bentuk kenikmatan. 

"Alhamdulillah, kita sehat wal afiat bisa bangun pagi dan ke masjid ini," tuturnya.

Adapun yang mengisi ceramah dibawakan oleh Ketua MUI, Prof. Najamuddin Abduh Shafa, menyampaikan dalam sebuah hadis, Rasulullah menyebutkan bahwa di dunia ini terdapat taman-taman surga. Apa yang dimaksud dengan taman-taman surga ini? Rasulullah menjelaskan bahwa taman-taman surga adalah majelis-majelis zikir. 

Disampaikannya, bahwa Ar-Raudhah adalah taman surga yang terletak di Masjid Nabawi. Menurut Nabi Muhammad SAW, merupakan taman surga. Di Ar-Raudhah, Rasulullah sering duduk untuk membacakan wahyu dari Allah SWT dan mengajarkannya kepada para sahabatnya. 

"Jadi, berdoa dan belajar bersama di majelis zikir atau tempat-tempat yang memiliki nilai spiritual dapat membawa kita lebih dekat dengan taman-taman surga," ujarnya.

"Rasullullah mengatakan kalau kalian melalui atau mendapatkan taman surga maka ambillah manfaatnya, jangan dibiarkan, jangan ditinggalkan. Kita sekarang berada di sini berarti kita ada di taman surga," lanjutnya.

"Karena kita akan berdoa dan belajar bersama dan itu luar biasa pahalanya," imbuhnya.

Pengurus Masjid, Kiai Maskur Sultan menyampaikan, bahwa masjid ini akan menjadi pusat pembentukan spiritual, akan dilakukan berbagai kajian-kajian dan keilmuan Islam. Program Subuh Berdoa ini pun disambut antusias oleh para jamaah. 

"Ini menyentuh sekali, terima kasih Pak Gubernur untuk kegiatan yang akan dilaksanakan secara rutin," kata salah seorang jamaah, Nining. (*)