Logo

Abrasi Sungai Uemalingku Menggerus Kebun Warga,Pemda Touna Diminta Turun Tangan

TOUNA -- Abrasi (Kikisan) Air sungai menggerus tanah perkebunan warga, Uemalingku, Kecamatan Ratulindo Kabupaten Tojo Una-una.

Peristiwa terjadi kamis malam,sekitar Pukul 21.24 wita,akibat hujan deras yang mengguyur wilayah ampana.

Pada media ini ,Warga setempat,
Imla mengatan air sungai cukup deras terus menerus mengikis lahan perkebunan warga ,Menurutnya jika hal itu dibiarkan kikisan akan semakin meluas.

"Air kikis pingiran lahan kebun pak hingga runtuh,tanaman pohon kelapa juga ikut roboh,kami khwartir kikisan akan semakin meluas " ucap imla sabtu (15/6/2024).

Pihaknya berharap pemerintah terkait bisah turun tangan, mereka mengusulakan kiranya pemerintah membangunkan Talud atau bronjong dikawasan yang terdampak disepanjang daerah air sungai (DAS).

"Kami harap pemerintah secapatnya turun tangan bisa membangun talud atau memasang bronjong , agar lahan dan pemukiman kami di sekitar aman'tambah imla

Masalah abrasi ini tidak hanya mengancam lahan perkebunan tetapi juga bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan tindakan yang cepat dan tepat, diharapkan kerusakan dapat diminimalkan dan keamanan warga terjaga.