Logo

BIA 2024, Bank Sultra raih penghargaan BPD Terbaik

Dirut Bank Sultra Abdul Latif saat menerima penghargaan BIA 2024. (Humas Bank Sultra)

JAKARTA -- PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meraih penghargaan sebagai BPD terbaik di Bisnis Indonesia Award (BIA) tahun 2024 beraset Rp15 triliun. 

Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra Abdul Latif saat ditemui di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya dengan penuh syukur menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemegang saham, stakeholder, dan masyarakat di Bumi Anoa yang telah memberikan dukungan luar biasa kepada Bank Sultra selama ini.
 
"Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari kerja keras dan dedikasi seluruh insan Bank Sultra. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, berinovasi, dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan ekonomi daerah Sulawesi Tenggara," kata Abdul Latif.
 
Dia menyebutkan bahwa gelaran BIA 2024 yang menyongsong tema "Agility in Uncertainty" tersebut memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang berkinerja terbaik berdasarkan dengan penilaian dari dewan juri.
 
Abdul Latif menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut, terdapat dua kategori yang akan menerima penghargaan, yakni industri non-bank dan bank. Pada kategori non-bank terdapat sejumlah sektor yang akan menerima penghargaan, seperti konstruksi bangunan, perdagangan ritel, hingga jasa telekomunikasi.
 
"Adapun, pada kategori bank, penghargaan akan diberikan kepada bank swasta nasional, bank syariah, bank persero, termasuk BPD," ujarnya.

 

Ia mengungkapkan bahwa dalam penganugerahan penghargaan BIA 2024, lanjut Abdul Latif, Bank Sultra diberikan penghargaan dengan kategori beraset hingga Rp15 triliun.
 
"Setidaknya hingga kuartal I per 2024, Bank Sultra telah meraup laba bersih Rp106,76 miliar, naik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp96,4 miliar," jelas Abdul Latif.
 
Dia menambahkan bahwa Bank Sultra pun berhasil meraup aset sebesar Rp12,67 triliun pada tiga bulan pertama 2024. Sedangkan untuk penyaluran kredit, PT BPD Sultra juga telah menyalurkan kredit kepada masyarakat sebesar Rp9,02 triliun pada Maret 2024.
 
Diketahui, BIA merupakan kegiatan tahunan dari Bisnis Indonesia Group, pada tahun 2024 ini, menjadi yang ke-22 BIA digelar sejak pertama kali pada 2002.