Logo

Rapat Konsolidasi, Kabupaten Selayar Siap Sukseskan Harkopnas Ke-77 Provinsi Sulawesi Selatan

MAKASSAR -- Kabupaten Kepulauan Selayar siap menjadi tuan rumah Peringatan HUT ke-77 Koperasi tingkat Provinsi Sulsel tahun 2024 mendatang. Dalam rangka pemantapan kegiatan digelar rapat konsolidasi pada Selasa (25/6) di kantor Diskop UKM Provinsi Sulawesi Selatan.

Rapat ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan,  Ashari Fakhsirie Radjamilo, Sekdis Andi Isma, Kabid Pemberdayaan, Indriastuti Saggaf dan staf. Hadir Pula Ketua Dekopinwil Sulsel, Asrullah, Ketua panitia Mustan Umar dan pimpinan Dekopinwil. Dari Selayar hadir kepala Dinas Perindagkop UMKM, Andi Abdurrahman dan jajaran, Dekopinda Kabupaten Selayar, Kepuskopal Koarmada II Makassar, Letkol Laut Okta Rizal, dan koordinator bidang pelaksana lainnya.

Rapat konsolidasi awal ini membahas persiapan harkopnas ke-77 Sulsel yang dipusatkan di Selayar pada tanggal 14 September 2024 dengan berbagai rangkaian acara.

Ketua Dekopinwil, Asrullah mengatakan, Harkopnas ke-77 di Selayar akan mengusung tema kepariwisataan, dengan seluruh rangkaian kegiatan dipusatkan di daerah yang dekat dengan pantai. Berbagai kegiatan akan memeriahkan Harkopnas, antara lain lomba mars koperasi, fun run , jalan sehat, pelatihan tata kelola koperasi, workshop perkoperasian, expo UMKM, dan city tour.

Gbr_Tengah_Postingan_(26)_4

“ Kita agendakan juga ziarah ke Taman Makam Pahlawan Panaikang pada 12 Juli dengan peserta upacara dari unsur koperasi,” tambahnya.

Kadiskop UKM Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengapresiasi sinergi semua pihak utuk kesuksesan Harkopnas tahun 2024 serta menyampaikan dukungan pemerintah propinsi, khususnya Bapak Pj Gubernur.

“Saya yakin Harkopnas di Selayar paling semarak dan sukses melihat persiapan sangat matang dan luar biasa dari Pemda, Dinas dan gerakan Koperasi,” katanya.

Kadis Perindagkop UMKM Selayar, Andi Abdurrahman mengatakan, untuk kesuksesan Harkopnas, Pemkab Selayar telah menunjuk LO untuk seluruh 24 kabupaten/kota, melibatkan seluruh OPD Pemkab Selayar, serta menyediakan 170 rumah penduduk untuk tamu yang berkunjung.

“Opening ceremonial akan kita buat semarak mungkin ditandai dengan suguhan tari massal dan acara yang melibatkan masyarakat secara luas,” ujarnya.

Dalam kegiatan Harkopnas Sulsel di Selayar diagendakan pula pemberian penghargaan kepada koperasi yang melaksanakan RAT tepat waktu secara berturut-turut, Dekopin Award serta penyerahan bantuan peralatan bagi koperasi.

Sementara itu, dari Puskopal dan jajaran akan melaksanakan bakti sosial, termasuk khitanan massal, pemeriksanaan Kesehatan, donor darah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemkab Selayar.