Logo

UPT Pariwisata Luwu Utara Gelar Rapat Evaluasi Penguatan Kinerja Petugas ODTW

Luwu Utara -- Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Objek Wisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Luwu Utara (UPT Pariwisata) menggelar Rapat Evaluasi Penguatan Kinerja Petugas Objek Daya Tarik Wisata (ODTW), Jumat (12/7/2024), di Gedung Pemuda, Masamba.

Rapat dipimpin Kepala UPT Pariwisata, Lukman Hamarong, dan dihadiri oleh seluruh pegawai dan petugas ODTW. Dalam arahannya, Lukman berharap kepada para petugas untuk selalu bekerja serius dan sungguh-sungguh dalam pemberian pelayanan di objek wisata masing-masing.

“Kita ini, para petugas ODTW, adalah garda terdepan dalam pemberian layanan di tempat wisata kita masing-masing. Olehnya itu, penting bagi masyarakat atau pengunjung untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari kita semua,” tutur Lukman di hadapan petugas dam pegawai UPT.

Lukman yang juga mantan Pranata Humas Dinas Kominfo-SP ini menerangkan bahwa keberadaan petugas ODTW sangat vital dalam rangka memberikan edukasi kepada para pengunjung. Olehnya itu, kata dia, petugas ODTW harus bisa memahami tugas dan tanggung jawabnya.

“Pada kesempatan ini, saya berharap kepada kita semua untuk senantiasa memahami tugas kita masing-masing. Tidak sekadar memungut retribusi, juga tidak sekadar melakukan pembersihan, tetapi yang tak kalah pentingnya juga, bagaimana mengedukasi para pengunjung,” jelasnya.

“Kita juga harus bisa memberikan rasa nyaman kepada pengunjung. Jika ada protes atau kritikan dari mereka, jadikan itu sebagai vitamin atau suplemen untuk menambah motivasi kerja kita, dan sampaikan ke kami agar kami bisa menindaklanjuti sesuai kemampuan kami,” sambungnya.

Ia juga memotivasi petugas untuk selalu menjaga kekompakan dalam melaksanakan tugasnya. “Beda pendapat itu biasa. Namun, jangan karena perbedaan itu lantas kita terpecah. Sebaliknya, jadikan perbedaan sebagai wahanah untuk saling melengkapi,” jelas alumnus Unanda ini.

Kepada pegawai UPT, baik organik maupun non organik, ia berharap agar disiplin bekerja dan berkinerja, utamanya dalam tugas-tugas pengawasan. “Pimpinan selalu mengingatkan kita untuk meningkatkan pengawasan di objek-objek wisata. Nah, kita harus merespon ini,” tegasnya.

Dikatakannya, pengawasan dilakukan dalam rangka untuk membantu petugas di lapangan guna memastikan pemberian layanan di objek wisata berjalan dengan baik. “Pengawasan akhir pekan ini sangat penting. Jadi, teman-teman UPT mesti merespon ini dengan penuh kesadaran. Semua mesti mengambil peran, dan wajib berkontribusi,” pungkasnya. (LHr)