Logo

Pemprov Sulbar Butuh Laboratorium Lingkungan Hidup

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulbar Zulkifli Manggazali saat menerima kunjungan Kepala Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ary Sudijanto, di Mamuju, Sulbar, Jumat (19/7/2024). Humas Pemprov Sulbar.

MAMUJU -- Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) saat ini membutuhkan sarana dan prasarana laboratorium lingkungan hidup karena saat ini belum memiliki fasilitas tersebut untuk memantau kondisi lingkungan di daerah itu.

"Sulbar butuh dibangunkan laboratorium lingkungan hidup karena saat ini belum memiliki laboratorium tersebut," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulbar Zulkifli Manggazali saat menerima kunjungan Kepala Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ary Sudjianto, di Mamuju, Sulbar,Jumat (19/7/24).

Menurut dia, dengan adanya kunjungan Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK di Sulbar diharapkan dapat mewujudkan pembangunan gedung labaratorium lingkungan hidup.

Dia mengatakan kehadiran laboratorium lingkungan hidup di daerah itu sangat penting, selain untuk monitoring pencemaran lingkungan di suatu wilayah, juga dapat digunakan sebagai alat bukti penegakan hukum lingkungan dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan.

Sementara itu Kepala Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ary Sudijanto mengatakan pihaknya akan membantu Sulbar membangun laboratorium lingkungan karena sangat dibutuhkan.

"Laboratorium lingkungan diprioritaskan dibangun pada daerah yang belum memiliki laboratorium lingkungan seperti Sulbar karena juga sangat penting sebagai sumber data untuk mendukung program pelestarian lingkungan, " katanya.

Ia menyampaikan pihaknya akan berupaya mewujudkan permintaan dari Provinsi Sulbar untuk membangun laboratorium lingkungan dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) APBN pada 2025.