Logo

Munaslub Dihadiri 21 DPD, Anindya Bakrie Jadi Ketum Kadin Indonesia 2024-2029

Anindya Novyan Bakrie menerima pataka Kadin Indonesia setelah terpilih secara aklamasi menjadi ketua umum Kadin Indonesia periode 2024-2029. (Instagram/@anindyabakrie)

JAKARTA -- Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) menyatakan Anindya Novyan Bakrie menggantikan Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Diketahui, penyelenggaraan Munaslub Kadin Indonesia 2024 mendapat penolakan dari 21 kepengurusan Kadin provinsi.

Adapun penolakan tersebut disampaikan oleh 21 dewan pengurus Kadin provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia, antara lain Provinsi Bengkulu, DI Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara, NTT, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Papua Barat Daya.

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Kadin Indonesia Eka Sastra mengatakan, upaya Munaslub menyalahi anggaran Dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Kadin Indonesia.

Selain itu, Munaslub dengan agenda menggantikan Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid juga berpotensi menimbulkan perpecahan di tubuh organisasi yang nantinya merugikan iklim dunia usaha nasional.

“Kami selaku Dewan Pengurus Kadin Indonesia melihat upaya ini telah menciptakan situasi yang mengancam keharmonisan organisasi Kadin di seluruh Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah dalam membangun perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Eka dalam keterangan resmi, Jakarta, Sabtu (14/9/2024).

Diketahui sebelumnya, Anindya Novyan Bakrie ditetapkan menjadi ketua umum Kadin Indonesia periode 2024-2029.

“Atas nama seluruh peserta Musyarawah Nasional Luar Biasa Kadin Indonesia 2024, menyerahkan pataka Kadin ke ketua umum terpilih Anindya Bakrie untuk disematkan ke seluruh Indonesia,” kata pimpinan sidang Munaslub Kadin Indonesia 2024 di Hotel St Regis, Jakarta, Sabtu (14/9/2024) mengutip Instagram @anindyabakrie.

Dalam kesempatan ini, Anindya menerima pataka Kadin dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin yang hadir dalam Munaslub tersebut.

“Terima kasih untuk kepercayaannya. Saya akan sebarkan pataka dan panji-panji Kadin ke seluruh Tanah Air,” ujar Anin.

“Hidup Kadin,” timpal para peserta.