Logo

Tudingan Miring Soal PON XXI Aceh-Sumut, Ini Kata Menpora

Menpora RI, Dito Ariotedjo saat menjawab pertanyaan wartawan usai Sidang Kabinet Paripurna Kabinet Indonesia Maju (KIM) di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (13/6/2024).(Foto: Kemenpora/Andre)

Medan -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menyesalkan, banyaknya tudingan miring adanya korupsi dalam penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut) 2024. Pernyataan tegas Menpora itu, menyoroti kritikan dan isu miring yang beredar di media sosial (medsos).

"Harus kami bantah, seluruh penyelenggara sudah bekerja keras, itu adalah respons saya yang tidak terima setelah pembukaan PON. Kami dihujani kritik di medsos, netizen hanya menggunakan beberapa contoh kasus, lalu cepat menuduh penyelenggaraan PON penuh korupsi," kata Menpora dalam konferensi pers di Medan, Sumut, dikutip Sabtu (14/9/2024).

Ia meminta, masyarakat mengedepankan prasangka baik. Sehingga tidak terlontar tudingan adanya korupsi dalam penyelenggaraan event tersebut.

"Saya membela diri karena kita sudah ada satgas tata kelola. Jangan langsung menuduh adanya penyelewengan atau korupsi," ucap Menpora.

Ia memastikan, permintaan dilakukan pendalaman terkait dugaan penyelewengan bukan berkaitan dengan dugaan korupsi. Pendalaman tersebut, dilakukan untuk menanggapi keluhan masyarakat serta memastikan kebenaran dari tudingan yang beredar di medsos.

"Mengenai buruknya penyelenggaraan PON, masyarakat jangan ragu melaporkan dugaan penyelewengan dalam penyelenggaraan PON 2024. Karena satgas akan menindaklanjutinya dengan serius," ujar Menpora.