Logo

Tingkatkan Pendaftaran Dan Layanan Paten, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Asistensi Teknis Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten serta Paten Drafting

Makassar --  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Gandeng Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual gelar Asistensi Teknis Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten serta Paten Drafting di Wilayah Sulawesi Selatan Tahun 2024. Kegiatan diselenggarakan di Hotel Claro Makassar, Selasa(24/9/2024)

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Hernadi yang mewakili Kakanwil taufiqurrakhman membuka kegiatan secara langsung.

Hernadi mengatakan Pemerintah R.I. memiliki Visi Indonesia Emas 2045 dimana Pada tahun 2045 nanti Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, yakni penduduk dengan jumlah usia produktif yang lebih banyak dibandingkan non produktif. Untuk mempersiapkan visi Indonesia Emas 2045 dan Bonus Demografi tersebut, maka diperlukan penyediaan lapangan pekerjaan yang lebih banyak dan lebih luas daripada sekarang. Yang mana ini sesuai dengan salah satu tujuan dari kebijakan Paten, yakni menciptakan lapangan pekerjaan dari hasil invensi yang mampu diterapkan pada industri.

Kegiatan kita saat ini merupakan salah satu langkah nyata untuk mendorong peningkatan pendaftaran paten di Wilayah Sulawesi Selatan

Menurut Kadivyankum Sulsel, salah satu tantangan dari pendaftaran paten adalah kurangnya pengetahuan dan kapabilitas masyarakat dalam membuat dan menyusun dokumen spesifikasi Paten yang merupakan syarat utama permohonan pendaftaran paten. Oleh karena itu, kegiatan Asistensi Teknis Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten serta Paten Drafting ini diselenggarakan untuk memberikan dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya para inventor dalam membuat dan menyusun dokumen spesifikasi paten atau drafting paten. Dokumen spesifikasi Paten sendiri merupakan faktor yang krusial bagi para inventor dalam mendaftarkan invensinya.

“Dengan meningkatnya pemahaman terkait Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten serta Drafting Paten tersebut, diharapkan jumlah invensi yang dihasilkan dan didaftarkan oleh Inventor akan semakin bertambah sehingga nantinya dapat memperoleh pelindungan hukum dan membuka kemungkinan penciptaan lapangan kerja baru bagi masyarakat,” ungkap Kadiv Yankum Sulsel saat membacakan sambutan Kakanwil Taufiqurrakhman.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Muh. Taher dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kuantitas permohonan paten di wilayah Sulawesi Selatan sehingga mampu meningkatkan Jumlah Permohonan Paten Dalam Negeri melalui Pendampingan Spesifik Stakeholder.

Yang tak kalah penting, kegiatan ini menghadirkan empat orang narasumber yang ahli dibidangnya, yakni pada kegiatan Asistensi Teknis Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten adalah: Ibu Desy Aryanti (Pemeriksa Paten Ahli Madya pada DJKI); dan Ibu Sari Puspita (Pemeriksa Paten Ahli Muda pada DJKI);

Sedangkan pada kegiatan Asistensi Teknis Paten Drafting adalah: Johani Siregar (Pemeriksa Paten Ahli Utama pada DJKI); dan Nazaruddin Tahir Lopa (Pemeriksa Paten Ahli Madya pada DJKI).

Adapun Peserta Asistensi Teknis Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten sebanyak 50 (lima puluh) orang yang berasal dari kalangan Perguruan Tinggi, Badan Litbang Pemerintah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di wilayah Sulawesi Selatan.

Dan peserta Asistensi Teknis Paten Drafting ini berjumlah 30 (tiga puluh) orang yang berasal dari kalangan Perguruan Tinggi dan Badan Litbang Pemerintah di wilayah Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan ini, para narasumber memberikan informasi terkait dengan sistem paten dan informasi paten yang didalamnya memuat lingkup perlindungan paten, apa saja informasi yang terdapat dalam dokumen paten, Alur permohonan paten, informasi teknis yang terkadung dalam dokumen deskripsi paten dan informasi legal hukum.

Selain itu juga dibahas tentang penelusuran paten, manfaatnya, tata cara melakukan penelusuran dokumen teknologi terkini dan tata cara penelusuran inforamsi paten melalui beberapa situs (seperti pangkalan data DJKI, Google paten, Espacenet, dan patenscope)

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala bidang Pembinaan, keamanan Dan TI Kanwil Sulsel, Ashari dan Kasubbid Pelayanan KI Kanwil Sulsel, Jean H. Patu, Analis KyI Ahli Madya Kanwil Sulsel Teguh dan Analis KI serta Pelaksana Pada Subbidang Pelayanan KI.