Logo

Disaksikan 80.102 Pasang Mata, Argentina Melangkah ke Final Copa America 2024

INFOSULAWESI.com -- Timnas Argentina sukses melangkah ke final Copa America 2024 setelah mengalahkan Kanada 2-0 di semifinal. Laga ini disaksikan tidak kurang dari 80.102 pasang mata yang memadati stadion MetLife, New Jersey, Rabu (10/7/2024) pagi WIB.

Dua gol Argentina dicetak oleh Julian Alvarez pada menit ke-22 serta Lionel Messi pada menit ke-51. Ini merupakan final ke-30 bagi Argentina sepanjang pagelaran Copa America yang dihelat sejak 1916 silam yang merupakan turnamen tertua di dunia.  

Laga Argentina kontra Kanada sebenarnya berlangsung berimbang. Itu terlihat dari data statistik sepanjang laga. Di mana Argentina menguasai 51% permainan. Sisanya, 49%, dikuasai Kanada. Namun, kualitas individu kedua tim yang membedakan hasil akhir.

Argentina diisi pemain berkualitas nomor wahid, sebut saja Lionel Messi, Angel Di Maria, Lautaro Martine, sampai Emi Martinez. Sementara di pihak Kanada, Alphonso Davies menjadi nama yang memiliki kualitas dan permaian yang mendekati pemain Argentina.

Kendati memberikan perlawanan hebat, berdasarkan data statistik, Kanada sebenarnya lebih banyak tertekan. Hal itu dikuatkan dengan data statistik bahwa La Albiceleste mampu melepaskan 11 kali tendangan ke arah gawang, dengan tiga tendangan tepat sasaran.

Sementara di sisi lain, Kanada juga mampu melepas sembilan tendangan, dengan dua tendangan tepat sasaran. Pada babak pertama, Argentina mampu membuka keunggulan 1-0 pada menit ke-22 melalui sepakan Julian Alvarez di area kotak penalti setelah menerima umpan brillian Rodrigo De Paul. Skor 1-0 menutup laga babak pertama.

Selepas turun minum, Argentina tetap tampil dominan melalui umpan satu-dua yang mengalir rapi dan terorganisir, sehingga menyulitkan bagi Kanada untuk mengembangkan permainannya. Sehingga pada menit ke-51, Messi membobol gawang Kanada.

Gol Messi diawali dengan terjadinya kemelut di kotak penalti Kanada. Akselerasi Rodrigo De Paul yang merangsek masuk ke kotak penalti berbuah petaka. Pemain Kanada seperti tak siap dengan aksi pemain bernomor 7 tersebut yang mengirim umpan ke Messi.

Namun, bola tersebut mampir di kaki Enzo Fernandez yang langsung menembak ke arah gawang. Bola yang meluncur ke gawang itu mengenai kaki Messi, sehingga kiper Kanada sedikit terkecoh, dan akhirnya arah bola menemui tempat sebenarnya.

Messi pun membuka keran golnya di Copa America 2024 ini. Argentina 2 Kanada 0. Sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Itulah nasib Kanada di babak kedua. Di mana Kanada harus kehilangan pemain andalannya, Alphonso Davies, yang mengalami cedera usai mendapatkan tekel keras dari bek Argentina, Gonzalo Montiel pada menit ke-69.

Di pengujung waktu normal, Kanada mendapat satu peluang emas. Pemainnya, Tani Oluwaseyi, berhasil melakukan tembakan ke arah gawang Argentina. Namun, peluang tersebut tidak berbuah gol, karena bola sepakannya berhasil ditepis kiper Emi Martinez dengan gemilang.

Sampai babak kedua berakhir, plus tambahan waktu 4 menit yang “dihadiahkan” wasit tak mampu dimanfaatkan oleh Kanada, minimal untuk mencari gol konsolasi atau sekadar mencari gol penipis kedudukan. Namun, kedisiplinan pemain bertahan Argentina memupus misi tersebut.

Tampilnya Argentina di final adalah upaya untuk mempertahankan gelar juara yang diperolehnya pada gelaran Copa America 2021. Di final, Argentina akan berhadapan dengan pemenang antara Kolombia kontra Uruguay yang akan dilangsungkan, Selasa (11/7/2024) besok pagi WIB. (LHr)