Logo

Nama Andi Sudirman Tertinggi di Berbagai Survei, Bukti Kerja Nyata Andi Sudirman

Andi Sudirman Sulaiman (istimewa)

MAKASSAR – Nama Andi Sudirman Sulaiman menjadi salah satu bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan yang memiliki tingkat elektabilitas tertinggi dalam berbagai survei.

Popularitas Andi Sudirman tentunya diperhitungkan setelah sebelumnya menjabat Gubernur Sulsel periode 2021-2023. Ia pun dinilai sebagai salah satu Gubernur yang kuat membangun infrastruktur.

Komitmennya itu dibuktikan dengan kerja-kerja nyata yang dilakukan semasa menjabat. Baik di sektor infrastruktur, sektor pariwisata, sektor pertanian, sektor perikanan dan kelautan, serta lainnya.

Dalam kurung waktu dua tahun lebih menjabat, Andi Sudirman mampu mengambil hati masyarakat dengan komitmen nyata yang ditunjukkan. Terlebih, pria yang akrab disebut Andalan ini pun dikenal dekat dengan semua tokoh lapisan masyarakat.

Beberapa pembangunan yang telah dilakukan dengan hadirnya Jembatan Andalan Pacongkang di Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng. Jembatan ini menjadi jembatan pelengkung rangka baja terpanjang yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Jembatan itu memiliki panjang bentang pada bagian tengah 128 meter, bentang kiri kanan masing-masing 25 meter sehingga total bentang jembatan memiliki panjang 180 meter dan lebar tujuh meter dengan trotoar kiri kanan masing-masing satu meter. Jembatan ini menggantikan jembatan gantung kayu yang sudah berusia 30 tahun dan sangat tidak aman bagi pengendara.

Jembatan Andalan Pacongkang juga dilengkapi alat Lead Rubber Bearing (LRB). Jembatan ini dapat dimanfaatkan sekitar wilayah Soppeng untuk ke lokasi objek Wisata Citta.

Di era kepemimpinan Andi Sudirman pula, telah membenahi 500 km jalan di Provinsi Sulawesi Selatan, baik jalan Provinsi maupun jalan prioritas Kabupaten/Kota melalui mekanisme bantuan keuangan Provinsi.

Beberapa diantaranya merintis ruas Takkalasi – Bainange – Lawo yang menjadi akses alternatif Soppeng ke Barru, akses ini pun akan memangkas sekitar 40 km jika dibandingkan melalui ruas Bulu Dua. Termasuk melalui bantuan keuangan dengan mengerjakan ruas Parigi – Bungoro yang menghubungkan 3 kabupaten yakni Bone, Barru, dan Pangkep, akses ini akan menjadi jalur alternatif jika ruas Camba terjadi kemacetan.

Sektor pertanian, dengan menghadirkan program Mandiri Benih, membagikan benih padi yang unggul secara gratis sebanyak 5 ribu ton benih untuk ditanam seluas 200 ribu hektar. Inovasi ini pun membawa Andi Sudirman menerima penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden dan penghargaan tertinggi nasional Adhikarya Nararya.

Dirinya pun mendorong pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan, diantaranya Objek Wisata Ollon di Toraja, Emas Andalan 360o di Kabupaten Enrekang, Permandian Alam Lejja di Soppeng, Pantai Mandala Ria di Bulukumba, dan masih banyak lainnya.

Berdasarkan survei yang dikeluarkan oleh Katadata Insight Center (KIC), Gubernur Sulsel periode 2021-2023, Andi Sudirman Sulaiman dinilai paling pantas jadi Gubernur Sulawesi Selatan periode 2024-2029. Dalam Instagram resminya @katadatainsightcenter merilis hasil survei Tokoh yang Pantas menjadi Gubernur Sulawesi Selatan. Hasilnya, “Andi Sudirman unggul dengan perolehan 23,8% responden, diikuti oleh Rusdi Masse Mappasessu (@rusdimasse) sebesar 11,8% responden,” tulis dalam akun Instagram @katadatainsightcenter.

Katadata Insight Center (KIC) juga melakukan survei tingkat kepuasan atau penilaian kinerja terhadap tujuh kepala daerah di Indonesia. Andi Sudirman Sulaiman diurutan ke tiga. Sulawesi Selatan yang dipimpin Andi Sudirman dengan tingkat kepuasan 85,4%. Rinciannya 12,5% sangat puas dan 72,8% puas.