Logo

Suzuki Dikabarkan Mundur dari Perhelatan MotoGP

Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir. (Foto: MotoGP.com)

INFOSULAWESI.com -- Kabar mengejutkan muncul di sela uji coba tengah musim MotoGP di Jerez, Spanyol bahwa Suzuki tidak akan mengikuti kompetisi ini lagi mulai musim depan.

Berbagai berita yang muncul Senin (2/5/2022) menyebutkan bahwa para kru tim Suzuki Ecstar sudah diberi informasi soal ini, meskipun kontrak yang ada menyebutkan pabrikan Jepang itu akan tetap berlaga di MotoGP hingga paling tidak 2026.

Kabar ini cukup mengagetkan karena Suzuki cukup kompetitif di MotoGP dan bahkan merebut gelar juara dunia lewat Joan Mir pada musim 2020.

Suzuki belum merespons hal tersebut, sikap yang cukup aneh kalau misalnya berita ini tidak benar.

Meskipun demikian, ini bukan yang pertama bagi Suzuki untuk mundur dari perhelatan MotoGP. Mereka mundur pada musim 2012-2014 karena masalah keuangan.

Berita yang beredar, termasuk di situs Crash.net, menyebutkan bahwa Suzuki akan secara resmi mengumumkan keputusan mundur dari MotoGP hari Selasa ini.

Tanpa Suzuki, MotoGP akan diikuti lima pabrikan yaitu Ducati, Honda, Yamaha, KTM, dan Aprilia.

Pada 2008, Kawasaki juga menyerah dan tidak melanjutkan kiprah di MotoGP tetapi tahun itu menampilkan pembalap tunggal Marco Melandri dengan motor khusus 'Hayate' untuk memenuhi kontrak dengan Dorna.

Lalu bagaimana nasib dua pembalap Suzuki Mir dan Alex Rins? Mereka berdua direkrut Suzuki sejak pertama kali masuk MotoGP, Rins pada 2017 dan Mir pada 2019.

Musim depan masih ada banyak posisi yang belum terisi, karena sejauh ini baru ada empat pembalap yang sudah memperpanjang kontrak. Mereka termasuk Marc Marquez (Repsol Honda), Francesco Bagnaia (Ducati), Brad Binder (Red Bull KTM), dan Franco Morbidelli (Monster Yamaha).

1651514920_800_525

Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins.

Sebagai catatan, satu motor tersisa di Yamaha kemungkinan besar akan tetap ditunggangi oleh juara dunia Fabio Quartararo, yang diharapkan meneken kontrak baru bulan depan.

Suzuki sudah mencetak sejumlah juara dunia 500cc/MotoGP yaitu Barry Sheene (1976, 1977), Marco Lucchinelli (1981), Franco Uncini (1982), Kevin Schwantz (1993), Kenny Roberts Jnr (2000), dan Joan Mir (2020).

Sumber: BeritaSatu.com