Logo

Kapolri, Listyo Sigit : Polri Tetap Akan Tegas Namun Humanis

Listyo Sigit Prabowo disaksikan Presiden Joko Widodo menandatangani berita acara pelantikan, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1) pagi

INFOSULAWESI.com, JAKARTA -- Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah dilantik sebagai Kapolri. Dalam jabatan barunya ini, Sigit berkomitmen menjalankan program kerja yang telah disampaikannya dalam fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan, di DPR RI pekan lalu.

“Kami brangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang jadi harapan masyarakat terhadap Polri, tentunya bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis,” kata Sigit di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1).

Sigit menyampaikan, Polri di bawah kepemimpinannya harus mampu memberikan pelayanan publik yang baik, transparan, dan melakukan penegakan hukum secara berkeadilan.

“Komitmen kami untuk bagaimana harapan masyarakat terhadap Polri betul-betul bisa kami tindaklanjuti sebagaimana yang kami tuangkan di dalam rencana kami untuk melaksanakan transformasi di 4 bidang, dan nanti kita laksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Kabareskrim itu menyampaikan, dalam menanggulangi pandemi Covid-19, Polri akan berkomitmen menegakan disiplin protokol kesehatan. Korps Bhayangkara memegang prinsip keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi.

Selain itu, aspek pemulihan ekonomi akibat pandemi juga akan menjadi fokus Polri ke depan. “Sehingga kita semua bisa terlepas dari situasi yang ada dan ekonomi bisa kembali bertumbuh, dan tentunya itu semua bisa terlaksana apabila stabilitas kamtibmas semuanya berjalan aman, lancar dan baik,” pungkas Listyo.

Sebelumnya, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebaga Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. Pelantika dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (27/1).

“Mengangkat Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisia Republik Indonesia. Keputusan Presiden ini berlaku sejak mulai menjabat,” ucap Sekretaris Militer Presiden membacakan Keputusan Presiden.

“Demi Tuhan yang Maha Esa. Saya menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjungjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjungjung tinggi Tribata. Kiranya tuhan menolong saya,” ucap Jokowi yang diulangi oleh Listyo.