Logo

Rapat Persiapan Pilkada Serentak di Sulsel, Mendagri : Kita Punya Agenda Besar

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Istimewa

IS, MAKASSAR - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian memberikan arahan dalam Rapat Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Sulawesi-Selatan, Rabu, 8 Juli 2020.

Tito Karnavian mengatakan, kehadirannya dalam rangka tugas pokoknya yaitu melakukan pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah. "Kita punya agenda besar, yaitu Pilkada dan ini amanat Undang-undang," kata Tito.

Ia menjelaskan Pilkada serentak itu sedianya dilaksanakan bulan September tahun 2020. Dari tahun 2019 sudah dilaksanakan tahapan awal, total 15 tahap hingga selesai. Awalnya di mulai tahun 2019, dilakukan perencanaan telah sampai lima tahapan, di bulan Maret Indonesia mengalami Pandemi Covid-19.

"KPU kemudian menghentikan tahap ke lima. Tahap kelima ini sudah mulai terjadi kontak sosial, kontak fisik dan pelantikan ad-hock," sebut Tito Karnavian.

Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah berharap, Pilkada diharapkanya bisa terselenggara dengan baik, dengan setiap tahapan protokol dilaksanakan dengan ketat. Termasuk edukasi menggunakan masker dan penggunaan handsanitizer.

"Sulsel kami harapkan penyelenggaraan Pilkada aman dan damai, kami baru saja mendapatkan hasil pemetaan 12 kabupaten/kota, masih ada dua kabupaten kota yang terkategori tinggi, sembilan sedang dan satu hijau," ujarnya.(*)