Logo

Soal Belajar Tatap Muka, Disdik Sulsel : Ditargetkan Awal Tahun Depan

Ilustrasi : Belajar Tatap Muka Dimasa Pandemi

INFOSULAWESI.com, MAKASSAR  --  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Jufri mengatakan pihaknya menargetkan pembelajaran tatap muka di sekolah bisa terlaksana awal tahun depan.

Kendati demikian,  ia berharap kasus Covid-19 di Sulsel bisa semakin terkendali pada 2021 mendatang. Selain itu, Muhammad Jufri mengingatkan agar seluruh sekolah dapat mempersiapkan diri menyambut proses belajar tatap muka. Termasuk persiapan protokol kesehatan Covid-19.

“Kalau dicermati bisa tahun depan, tapi belum tahu tapi tetap harus waspada, dan menunggu kebijakan terakhirnya. Sekolah-sekolah terus kami dorong mempersiapkan diri,” kata Muhammad Jufri.

Meski demikian, ia menyebut hingga saat ini, belum ada kepastian untuk kembali dibukanya sekolah dari Pemerintah Pusat, walaupun jumlah kasus positif Covid-19 di Sulsel terus melandai.

“Sejauh ini, informasinya terus melandai dan tentu kami berharap ini semakin melandai lagi, kalau kami menginginkan segera dibuka agar bisa beraktifitas,” ungkapnya.

Namun, ia menegaskan kesiapan sekolah menjadi hak utama. Olehnya kata dia, jika tiba-tiba diumumkan sekolah sudah boleh buka maka semuanya sudah siap.

Lebih jauh, ia menambahkan, pihaknya tidak ingin gegabah dan terus berkoordinasi serta meminta arahan Gubernur Sulsel.

“Sampai sekarang masih pada posisi mengimbau sekolah mempersiapkan diri memasuki masa itu,” bebernya.

Ia menjelaskan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh cabang dinas Kabupaten Kota dalam menyambut sekolah tatap muka nanti, antara lain, mengaktifkan atau mendisplinkan guru dan sisiwa untuk tetap memakai masker.

“Kedua, melakukan edukasi secara terus menerus tentang protokol kesehatan kepada seluruh siswa yang dapat dilakukan dengan mengawal dan mengakhiri proses pembelajaran daring,” kata Jufri.

Selanjutnya, meningkatkan imunitas tubuh dan aktif berolahraga dan nutrisi yang menjaga stabilitas tubuh.