Logo

Dibutuhkan Waktu 3,5 Tahun Untuk Dapat Menvaksinasi 181 Juta Penduduk Indonesia

Ilustrasi vaksin covid-19

INFOSULAWESI.com, JAKARTA  --  Pemerintah menargetkan memberikan vaksin covid-19 kepada 181 juta penduduk Indonesia untuk membentuk herd immunity. Dibutuhkan waktu tahunan untuk melakukan imunisasi tersebut.
 
"Kira-kira butuh waktu 3,5 tahun untuk vaksinasi semuanya (181 juta warga Indonesia)," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dikutip infosulawesi.com, dari situs web kemenkes.go.id, Sabtu, 2 Januari 2020.
 
Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyampaikan pemerintah telah menyiapkan 426 juta dosis vaksin untuk mengimunisasi 181 juta penduduk Indonesia. Kebutuhan tersebut didatangkan secara bertahap.

Suksesor Terawan Agus Putranto itu mengungkapkan pemerintah menyiapkan lima jalur pengadaan vaksin. Sebanyak empat jalur merupakan produk dari luar negeri, yaitu Sinovac (Tiongkok), Novavax (Kanada-Amerika), Pfizer (Jerman-Amerika), AstraZeneca (Swiss-Inggris) dan COVAX/GAVI (WHO dan CEPI).

Salah satu realisasi imunisasi covid-19 akan dilakukan dalam waktu dekat dengan vaksin dari Sinovac. Vaksin tinggal menunggu emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
 
Budi menyampaikan tahap awal vaksin diperuntukkan bagi tenaga medis. Dibutuhkan waktu lebih dari 12 bulan untuk menyelesaikan program tahap awal vaksinasi ini.
 
"Untuk teman-teman juga jangan lupa selalu menaati protokol kesehatan," ujar dia.