Logo

Puan Minta Anggota DPR Kibarkan Bendera Setengah Tiang Penghormatan 53 Awak KRI Nanggala-402

Ketua DPR RI Puan Maharani (Istimewa)

INFOSULAWESI.com, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani meminta bendera setengah tiang dikibarkan di Gedung DPR-MPR dan rumah seluruh anggota DPR RI. Hal itu disampaikan Puan untuk mengenang jasa dan penghormatan pada 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur dalam tugas.

“Kami meminta Kantor DPR/MPR serta rumah jabatan seluruh anggota DPR/MPR mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari,” ujar Puan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (26/4).

Dalam kesempatan itu, Puan kembali meminta agar pencarian jenazah para korban tetap dijalankan dengan maksimal, termasuk mengangkat KRI Nanggala-402 dari laut dalam. Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu mengapresiasi keputusan pemerintah yang akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, serta Bintang Jasa Jalasena kepada para awak yang gugur.

“Mengapresiasi juga jaminan pendidikan putra-putri dari keluarga prajurit KRI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan S1,” katanya.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, sebanyak 53 awak kapal KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur. Hal itu karena KRI Nanggala-402 terkonfirmasi tenggelam di dasar laut perairan Bali.

KRI Nanggala-402 menampung 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata. Kapal hilang kontak saat komandan pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan terpedo. (jp)