Logo

Kemenpora RI Dukung Penuh Pembangunan Stadion Mattoanging Makassar

Tangkap layar Maket Visual Renovasi Stadion Mattoanging Makassar. Ist

INFOSULAWESI.com, JAKARTA -- Harapan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan agar mendapatkan dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga untuk pembangunan Stadion Mattoanging, terlaksana. 

Pelaksana tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bertemu langsung, dengan Menpora RI Zainuddin Amali, yang mendukung penuh  rencana Pemprov Sulsel membangun kembali Stadion Mattoanging Makassar. 

Ia mengatakan, salah satu tujuan utama kunjungan Plt Gubernur Sulsel tersebut adalah meminta arahan dan masukan terkait Stadion Mattoanging. Termasuk soal additional desain yang diusulkan yakni Stadion Mattoanging berkapasitas 20 ribu tempat duduk. 

"Itu homebase PSM Makassar yang sekarang ini masih dalam tahap perencanaan untuk dibangun kembali karena itu stadion bersejarah. Beliau minta saran dan masukan, agar Stadion itu jadi standar FIFA sehingga kalau ada kejuaraan internasional tak perlu mencari tempat lain," ujar Zainudin, Senin (31/5/2021).

Zainuddin mengapresiasi komitmen Pemprov Sulsel tersebut. Sebab, meski seluruh Pemerintah Daerah masih terfokus pada penanganan  pandemi Covid-19, namun Plt Gubernur Sulsel tidak melupakan kegiatan olahraga. 

Untuk itu, ia berpesan kepada seluruh supporter sepak bola di Sulsel tetap mendukung Pemprov Sulsel dan Plt Gubernur dalam upayanya menghadirkan sarana olahraga yang representatif.

Zainuddin menyatakan situasi gaduh justru hanya akan mengganggu konsentrasi pemerintah yang saat ini tengah bekerja mempercepat pembangunan Stadion Mattoanging.

"Karena pasti mereka akan mengerjakan homebasenya PSM. Jangan menimbulkan hal-hal yang akhirnya akan menganggu pemerintah daerah yang sekarang ini mendesain sebagus mungkin agar stadion ini berstandar FIFA. Sekali lagi kepada para supporter dukung Gubernur untuk bisa menyelesaikan pekerjaan itu," ucapnya. 

Ditempat yang sama,  Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman berterima kasih atas perhatian besar yang diberikan Kemenpora terhadap Sulsel. Baik terkait rencana pembangunan Stadion Mattoanging, maupun masuknya Sulsel dalam Grand Design Olahraga Nasional. 

Sudirman menuturkan, bentuk dukungan Kemenpora terhadap pembangunan Stadion Mattoanging yakni akan mengeluarkan rekomendasi kepada kementerian PUPR agar mendapatkan dukungan alokasi anggaran APBN.

"Menpora sangat setuju dengan dilakukan additional design yang menyesuaikan kemampuan keuangan daerah yakni dengan kapasitas 20.000 seat dengan single seat," ujar Sudirman. 

Berdasarkan arahan yang diterimanya, kapasitas tersebut tetap memenuhi standar FIFA selama fasilitas yang ada nantinya menyesuaikan dengan standarisasi FIFA. 

Tak hanya itu, Menpora mengharapkan agar desain stadion mattoanging nantinya bisa mengadopsi arsitektur berdasarkan kearifan lokal, tutupnya. (*/rri)