Logo

SMSI Palopo Dorong Media Siber Terverifikasi Dewan Pers

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI)

aaVerified_2_5

INFOSULAWESI.com, PALOPO -- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Palopo mendorong seluruh media Siber di Kota Palopo untuk terverifikasi Dewan Pers.

Demikian diungkapkan Ketua SMSI Kota Palopo, Wahyudi Yunus, SH.MH kepada wartawan, Kamis (03/06/21).

Menurutnya, media yang terverifikasi dewan pers adalah media yang secara administrasi telah menjalankan perintah UU Pers. Media yang telah menjaga keberlangsungan pers, juga mensertifikasi, menyejahterakan, dan melindungi wartawannya.

"Verifikasi dari Dewan Pers ini memposisikan media massa yang bisa dipercaya masyarakat yang produk jurnalistiknya tunduk pada UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik," kata Wahyudi.

Di Kota Palopo sendiri, menurutnya terdapat banyak sekali media Siber yang lahir belakangan ini. Hanya saja, berdasarkan data dewan pers, di hanya ada 4 media Siber yang telah terverifikasi oleh dewan pers secara administratif.

Empat media yang dimaksud, yakni katasatu.co.id, teraskata.com, ritmee.co.id, dan infosulawesi.com. Untuk itu, SMSI sebagai organisasi perusahaan pers yang resmi menjadi konstituen dewan pers senantiasa mendorong media Siber untuk segera terverifikasi dewan pers.

"Kami berharap dan terus mendorong agar media Siber di Kota Palopo melengkapi berkas dan mendaftarkan perusahaannya ke Dewan Pers. Ini tentu demi kepentingan bersama," katanya.

Ia menambahkan, saat ini terdapat 6 media siber di kota Palopo yang terdaftar sebagai anggota SMSI Kota Palopo. 3 diantaranya sudah terverifikasi dewan pers.

"Kita mensyaratkan, media Siber yang ingin bergabung di SMSI, wajib melengkapi berkas sebagaimana berkas yang di persyaratan oleh dewan pers. Kini sudah 3 media yang terverifikasi dan 3 lainnya sedang dalam proses,"tambahnya. (*)

Video: Inilah Platform E-Commerce Lokal Yang Patut Dicoba