Logo

Bank Sulselbar Akan Gelar Webinar UMKM BUSINESS TALK - Digitalisasi Transaksi UMKM, Besok

INFOSULAWESI.com, MAKASSAR -- Bank Sulsebar akan menggelar Webinar UMKM BUSINESS TALK - Digitalisasi Transaksi UMKM yang akan dilaksanakan, Kamis, 5 Agustus 2021 pukul 10.00 WITA.

Pandemi Covid-19 telah mendorong transformasi digital di Indonesia, terutama bagi pelaku UMKM. Kebijakan pembatasan sosial serta perubahan pola konsumsi masyarakat memaksa UMKM untuk mengubah operasional usaha dengan menggunakan platform digital untuk pemasaran. Meskipun pengguna internet di Indonesia setiap tahun selalu tumbuh, dengan perkiraan saat ini penetrasi internet sudah mencapai 73% dan 196 juta pengguna, pengetahuan teknologi yang masih rendah, keterbatasan infrastruktur, dan tenaga kerja yang kurang terampil masih menjadi kendala digitalisasi UMKM

Demi mendorong daya saing UMKM terus meningkat, pemerintah mencanangkan program digitalisasi dengan target sebanyak 30 juta pelaku UMKM masuk dalam ekosistem digital pada tahun 2024. Meskipun menjadi tantangan yang tidak mudah, program harus tetap dilaksanakan demi perbaikan struktur ekonomi nasional yang didominasi oleh sektor usaha tersebut.

Kementerian Koperasi dan UKM RI menyebutkan, saat ini jumlah UMKM yang sudah onboarding di ekosistem digital, baru mencapai 19 persen atau sekitar 12 juta UMKM. Jumlah ini relatif lebih besar jika dibanding tahun 2020 lalu yang masih di angka 13 persen atau sekitar 8 juta UMKM.

Disrupsi teknologi mengharuskan UMKM go digital yang membutuhkan dukungan dari seluruh komponen untuk mendigitalisasi UMKM.Digitalisasi menjadi kunci utama untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Tren digital di masa pandemi ini meningkat pesat hingga 55% masyarakat sudah memilih metode pembayaran digital untuk bertransaksi. Masyarakat menilai transaksi tanpa kontak fisik itu terlindungi, aman dan nyaman. Juga dinilai lebih akurat.

Bank Sulselbar bersama eNKRI mendorong sinergitas multipihak dalam mendorong, menata serta membuat kebijakan agar UMKM dapat bertumbuh lebih pesat dan berperan lebih optimal salah satunya dengan mendorong digitalisasi sektor UMKM. (*)