Logo

Kota Kendari Kembali Diguncang Gempa Tektonik 2,7 Magnetudo

INFOSULAWESI.com, KENDARI -- Gempa bumi tektonik kembali mengguncang Kota Kendari ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis, 02 September 2021 sekitar pukul 08:22:36 Wita.

Gempa tersebut terjadi di sebelah Timur Laut Baruga, Kota Kendari dan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi gempa bumi tersebut berkekuatan 2.7 Magnetudo. 

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.01  LS, 122.49 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 2.8 km, TimurLaut Baruga, Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 13 Km," kata Rudin Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Kamis (2/9/2021).

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter lanjutnya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari segmen North di Timur Laut Baruga, Kota Kendari.

"Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Kendari dengan Intensitas II MMI, Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan juga menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," jelasnya.

Hingga pukul 09.00 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

Kepada masyarakat juga di imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.