Logo

Presiden Jokowi Akan Lantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Besok

Jenderal Andika Perkasa saat jalani fit and proper test sebagai Panglima TNI pada Sabtu, 6 November 2021. Foto: suara.com

INFOSULAWESI.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo bakal melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Rabu, 17 November 2021. Pelantikan akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Hal itu dikemukakan Presiden saat wartawan menanyakan hari pelantikan Panglima, di sela-sela kunjungan Presiden di Banten, hari ini.

"Pelantikan panglima Insya Allah besok hari Rabu," kata Jokowi, Selasa, 16 November 2021.

Jokowi mengatakan, agenda pelantikan besok hanya Panglima TNI saja. Belum ada rencana perombakan atau reshuffle kabinet. "Belum," kata Kepala Negara.

Dihubungi terpisah, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan, pelantikan Andika bakal bersamaan dengan pelantikan duta besar yang akan ditempatkan di sejumlah negara sahabat.

Simak Video Pilihan dibawah ini:

Sebelumnya, Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sudah menjalani fit and proper test sebagai Panglima TNI pada Sabtu, 6 November 2021.

Melalui rapat internal usai fit and proper test, Komisi I DPR akhirnya sepakat menyetujui Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanjo yang segera memasuki masa pensiun.

Selain itu, Komisi I DPR juga telah melakukan verifikasi faktual Jenderal Andika dengan mengunjungi kediamannya pada Minggu, 7 November 2021.

Komisi I DPR juga sudah mengeluarkan surat persetujuan Andika sebagai Panglima TNI. (*)