Logo

Ketua PW IPNU Sulsel Bawakan Materi Kebangsaan di CSSMoRA UIN Alauddin dan UIM Makassar

Ketua Pimpinan Wilayah IPNU Sulsel), Sulkifli Azis membawakan materi kebangsaan dalam agenda kaderisasi CSSMoRA UIN Alauddin Makassar dan UIM Makassar, Sabtu (20/11/2021).

INFOSULAWESI.com, MAKASSAR -- Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Sulawesi Selatan (PW IPNU Sulsel), Sulkifli Azis membawakan materi kebangsaan dalam agenda kaderisasi CSSMoRA UIN Alauddin Makassar dan UIM Makassar di Pantai Tanjung Bayang, kota Makassar, Sabtu (20/11/2021).

Dalam agenda kaderisasi Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA) ia menjelaskan pentingnya memahami relasi nilai kebangsaan (pancasila) dan peranan santri dalam keutuhan negara Indonesia.

"Terbentuknya nilai kebangsaan yang termaktub dalam pancasila itu tidak lepas daripada peranan santri." jelasnya saat dimintai tanggapan (20/11).

WhatsApp_Image_2021-11-21_at_13.31.37

Sambung, ia pun menambahkan, pancasila merupakan kesepahaman mutlak seluruh bangsa sehingga tidak boleh lagi ada perubahan didalamnya.

"Hari ini, perlu kita pahami bahwa sejatinya pancasila adalah hasil kesepakatan bersama yang bersifat paripurna, artinya tidak ada lagi tawar menawar didalamnya." tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, ia menjelaskan pentingnya bergabung di CSSMoRA. Menurutnya komunitas tersebut adalah wadah yang tepat bagi mahasiswa lulusan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) suatu Perguruan Tinggi.

"Menurut saya, CSSMoRA ini merupakan komunitas yang tepat bagi mahasiswa yang lulus PBSB." tutupnya.

Penulis: Abdullah (Direktur Pers dan Penerbitan PW IPNU Sulsel)