Logo

Perhatikan, 5 Gejala Ini Akan Muncul Jika Seseorang Terinfeksi Covid-19 Omicron

Ilustrasi Varian Covid-19 Omicron (Dado Rufic/Reuters)

INFOSULAWESI.com, JAKARTA -- Varian Covid-19 Omicron telah ditetapkan sebagai varian yang menjadi perhatian oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO menilai varian ini cepat dalam transmisibilitas atau penularannya.

Masyarakat masih menebak-nebak seperti apa bedanya dengan varian sebelumnya dan bagaimana gejalanya.

Dilansir dari Live Mint, Minggu (12/12), kasus sejauh ini dilaporkan ringan. Kasus di seluruh dunia tergolong ringan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan bahwa varian terbaru dari SARS-CoV-2 dapat dengan mudah menginfeksi mereka yang telah tertular virus lebih awal atau telah divaksinasi sepenuhnya. Artinya, penyintas bisa terinfeksi kembali.

Namun, WHO juga menyatakan bahwa gejalanya akan lebih ringan dibandingkan varian Delta. Apa saja?

1. Kelelahan

Serupa dengan varian sebelumnya, Omicon dapat menyebabkan kelelahan, bahkan kelelahan ekstrem pada penderitanya. Pastikan Anda melakukan tes untuk memastikan kondisi Anda.

 2. Tenggorokan Gatal

Pasien juga mengeluh tenggorokan gatal jika terpapar Omicron. Menurut dokter Afrika Selatan, Angelique Coetzee, individu yang terinfeksi Omicron lebih sering mengeluhkan tenggorokan gatal daripada sakit tenggorokan.

 3. Demam Ringan

Pasien juga menderita demam ringan yang memang menjadi salah satu tanda Covid-19. “Varian saat ini menginduksi suhu tubuh ringan yang menjadi lebih baik dengan sendirinya,” kata dr. Coetzee.

 4. Keringat Dingin dan Nyeri Otot

Departemen Kesehatan Afrika Selatan, dokter umum Unben Pillay mencatat, gejala yang dialami pasiennya. Berkeringat di malam hari bisa menjadi gejala varian Omicron baru yang mungkin muncul di malam hari. Keringat malam terjadi ketika Anda berkeringat sangat banyak sehingga pakaian dan tempat tidur menjadi basah. Hal itu juga disertai nyeri otot.

5. Batuk Kering

Selain itu dokter menyebutkan batuk kering juga dapat muncul pada orang yang menderita Omicron. Itu adalah salah satu gejala yang paling umum di strain sebelumnya juga. Batuk kering menyebabkan iritasi di tenggorokan saluran udara. (*)