Logo

Natal 2021, Menag Ajak Umat Kristiani Berperan Aktif Bangun Persaudaraan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Istimewa)

INFOSULAWESI.com, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, peristiwa Natal mengharuskan seluruh umat Kristiani untuk berperan dalam membangun persaudaraan pada tingkatan yang berbeda-beda. Selain itu, umat Kristiani juga didorong agar terus berkembang dalam semangat bela rasa.

“Kiranya damai Natal menguasai hati dan kehidupan kita untuk membuka diri menyambut dan merangkul semua anak bangsa, merajut persatuan dan kesatuan serta melangkah menyambut masa depan yang lebih cerah,” kata Menag Yaqut dalam sambutan Perayaan Natal Nasional 2021 yang disiarkan secara daring, Senin (27/12/2021).

Perayaan Natal 2021 mengambil tema “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”.

Menag menegaskan, tema Natal 2021 telah menyadarkan akan arti penting peringatan yang secara prinsip mengajarkan tentang kebaikan, kesederhanaan, perhatian terhadap kaum lemah, serta cinta kasih pada sesama.

“Nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Yesus Kristus merupakan pembimbing moral bagi kehidupan umat pemeluknya untuk mewujudkan kehidupan yang damai dan sejahtera,” ucapnya.

Dikatakan Menag, sebagai umat Kristiani yang hidup di tengah keragaman refleksi diri merupakan usaha untuk kembali merenung serta memperbaharui melalui sikap yang terbuka terhadap kebhinekaan.

Menurutnya, perbedaan yang tumbuh di tengah kemajemukan bangsa Indonesia merupakan kekayaan bagi masa depan Indonesia sebagai modal sosial yang harus dirawat.

“Umat Kristiani diajak untuk melibatkan diri dalam berbagai usaha untuk mengatasi persoalan-persoalan kemasyarakatan seperti konflik kemanusiaan, perilaku ekstrem, dan tindakan-tindakan yang menjauhkan semangat persaudaraan sebagai sesama warga bangsa,” ujar Menag.

Mengakhiri sambutannya, Menag Yaqut mengucapkan Selamat Hari Raya Natal 2021 dan menyongsong Tahun Baru 2022 kepada segenap umat Kristiani Indonesia.

“Semoga damai, suka cita dan kebahagian Natal senantiasa menyertai saudara dan membangktikan semangat untuk mewujudkan kehidupan yang penuh kasih dan persaudaraan,” tutupnya. (bs)