Logo

Mengenai Kriteria Calon Pemimpin Ibu Kota Baru, Ini Kata Jokowi

Foto: Pernyataan Presiden RI, Jokowi terkait Kasus Omicron di Tanah Air, Istana Bogor, 18 Januari 2022 (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden RI)

INFOSULAWESI.com, JAKARTA -- Presiden Jokowi mengungkap kriteria calon pemimpin ibu kota baru yang bernama Nusantara. Apa saja kriterianya?

"Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek," kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan beberapa pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Jawaban Jokowi membuat peserta pertemuan berasumsi ke sosok kepala daerah tingkat I berlatar belakang arsitek yang merupakan orang Sunda. Namun saat ditanya lebih jauh, Jokowi hanya tersenyum.

Jokowi juga berbicara tentang pemilihan nama Nusantara untuk IKN. Dia mengatakan nama tersebut tak serta merta dipilih karena pendapat pribadinya, namun juga sudah menampung aspirasi sejumlah pihak.

Soal pembangunan IKN, Jokowi mengatakan butuh waktu yang tidak sebentar. Setidak-tidaknya, menurut Jokowi, butuh waktu 15-20 tahun untuk selesai sepenuhnya.

Soal kemungkinan pembangunan IKN dihentikan pemimpin selanjutnya, Jokowi tak khawatir. Dia mengatakan pembangunan IKN sudah menjadi amanat undang-undang, sehingga tak seharusnya dihentikan.

"Dan itu sudah disepakati oleh delapan fraksi di DPR. Artinya, suara mayoritas kekuatan politik di DPR menghendaki perpindahan ibu kota negara," ujar Jokowi. (*)