Logo

Buruknya Drainase Dibeberapa Titik di Kotamobagu, Sebabkan Terjadinya Banjir

INFOSULAWESI.com, KOTA MOBAGU -- Buruknya kondisi drainase di sejumlah titik yang ada di Wilayah Kota Kotamobagu, diduga menjadi hal pemicu terjadinya banjir yang meluas ke jalan-jalan hingga ke pemukiman warga.

Drainase yang tersumbat akibat material pasir, tanah, sampah, serta bangunan drainase tertutup membuat air hujan langsung meluap. Ini pun mengganggu sejumlah aktivitas warga.

Bahkan, banjir yang kerap terjadi akibat turunya hujan menyebabkan genangan air tersebut sedikit demi sedikit mengikis permukaan jalan, sehingga jalan menjadi mudah berlubang dan bergelombang.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kotamobagu, Bambang Irawan Ginoga, menjelaskan jika tersumbatnya draenase akibat sampah masyarakat yang sengaja dibuang ke tempat itu.

"Kami sudah beberapa kali menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke dalam saluran air (Draenase) sebab kalau musim hujan seperti ini maka akan mengakibatkan banjir seperti sekarang ini," terang Bambang Ginoga.

Meski demikian, Ia mengatakan pihak DLH tetap akan membersihkan draenase yang sudah tertutup sampah tersebut.

"Akan tetapi, soal perbaikan draenase itu bukan wilayah kami, sebab ada istansi Dinas PU yang paling berkompeten soal itu," terang Bambang Ginoga, Selasa (15/02/2022).

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kotamobagu, Claudya Emba Mokodongan, saat dikonfirmasi dinomor 081356866xxx, hingga saat ini belum memberikan tanggapannya, namun upaya konfirmasi akan terus dilakukan. (Rfl)