Logo

Wakil Bupati Maros Hj. Suhartina Bohari Membuka Lomba Patrol dan Tabuh Beduk Tertua di Kab. Maros.

Tabuh Bedug Simbol Acara Telah Dimulai

INFOSULAWESI.com, MAROS - Pada bulan Ramadhan 1443 Hijriah kali ini komunitas pemuda di Jalan Nangka Maros yang terhimpun dalam De'Kere Community kembali mengadakan lomba patrol sahur dan tabuh beduk yang ke 18 kalinya.

Dimana menurut Muhammad Najib alias Jibo', kegiatan lomba patrol sahur dan tabuh beduk tersebut pertama kali diadakan sejak Ramadhan tahun 2001 silam dan De'Kere Community sebagai perintis pertama kali lomba patrol sahur dan tabuh beduk di Kab. Maros". Ungkapnya.

Jibo juga menambahkan bahwa kegiatan patrol sahur dan tabuh bedug sempat vacum pada tahun 2009 dan juga di tahun 2020 serta 2021 akibat wabah pandemi covid19, namun Ramadhan kali ini De'Kere Community kembali unjuk karya lewat kreatifitas anak-anak muda yang sebagian besar berdomisili di Jalan Nangka Pasar Tua Maros.

Melalui Gema Ramadhan bertajuk Asy Syaafi Ramadhan XVIII tahun 2022 yang dihelat, berlangsung selama 2 hari dari hari kamis 28 hingga Jumat 29 April 2022.

Dalam acara tersebut disuguhkan 2 jenis lomba seperti tradisi lomba Gema Ramadhan De'Kere Community ditahun-tahun sebelumnya, yaitu pertama lomba patrol pasahur-sahur dimana peserta berkelompok diminta menyuguhkan kreatifitasnya lewat alunan alat musik yang dibawa sendiri oleh peserta dan menyanyi berirama serta menari dengan penuh kekompakan dan keserasian.

Lomba kedua adalah lomba tabuh beduk, dimana peserta diminta menyuguhkan alunan takbir kebesaran Allah Swt, disertai dengan iringan tabuh beduk. Peserta lomba sendiri yakni berasal dari komunitas-komunitas pemuda dan kelompok-kelompok Remaja Mesjid yang semuanya berasal dari wilayah kabupaten Maros.

Seperti biasanya setiap diadakan Gema Ramadhan De' Kere Community ini juga sudah menjadi tradisi tempat pelaksanaannya selalu berlokasi didepan Rumah Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Maros Jalan Jenderal A. Yani Maros Taman Turikale.

Dalam sambutan ketua panitia Aji Kurniawan yang juga berprofesi sebagai atlit muda sepakbola Kab. Maros yang sempat beberapa tahun memperkuat PSM Makassar, mengatakan acara tersebut terselenggara berkat dukungan dana secara swadaya dari seluruh warga masyarakat RT. 01 Jalan Nangka dimana komunitas De' Kere Community bermarkas.

Wakil Bupati Maros ibu Hj. Suhartina Bohari yang hadir sekaligus membuka acara tersebut secara resmi, sangat mengapresiasi dan mendukung dengan adanya kegiatan seni kreatif religi kepemudaan seperti ini di Bulan Ramadan.

"Sangat positif, apalagi kegiatan Gema Ramadhan De' Kere Community ini telah berlangsung cukup lama dan terus sukses tetap terlaksana sampai dengan tahun sekarang yang sudah memasuki tahun ke 21". Ungkap wakil Bupati Maros.(Chairil Anwar).