Logo

India Rebut Piala Thomas Setelah Kalahkan Indonesia 3-0

Tim bulutangkis India di Piala Thomas 2022, di Bangkok, Thailand. (Foto: AFP)

INFOSULAWESI.com, BANGKOK -- India merebut gelar juara Piala Thomas untuk pertama kalinya setelah mengalahkan juara bertahan Indonesia 3-0.

Pada pertandingan final Piala Thomas 2022 yang digelar Minggu (15/5/2022) di Impac Arena, Bangkok, Thailand, India mencetak sejarah setelah tunggal kedua Kidambi Srikanth mengalahkan Jonatan Christie 21-15, 23-21.

Dengan kemenangan Kidambi, maka India menang 3-0. Dua partai tersisa tidak dimainkan.

Gelar juara tersebut merupakan yang pertama bagi India, sedangkan Indonesia gagal menambah gelarnya. Meski gagal juara, Indonesia tetap menjadi negara dengan gelar juara terbanyak, yaitu 14 kali juara Thomas Cup.

Sebelum Jonatan kalah, Indonesia tertinggal 0-2, setelah tunggal dan ganda pertama kalah.

Ganda Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo kalah 21-18, 21-23, 19-21 dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di partai kedua.

Sebelumnya, Indonesia tertinggal 0-1 dari India setelah Anthony Ginting dikalahkan Lakshya Sen pada partai pertama. Tunggal putra terbaik Indonesia tersebut kalah 21-8, 17-21, 16-21.

Ada lima partai yang digelar di Piala Thomas. Tim yang menang adalah tim yang menggapai tiga kemenangan dari lima partai yang digelar.

Bagi Indonesia, ini adalah final ke-21 kalinya. Bagi India, ini adalah untuk pertama kalinya lolos ke pertandingan pamungkas kejuaraan bulutangkis beregu ini.

Tampil di final Piala Thomas menjadi prestasi terbaik negara di Asia Selatan itu dalam keikutsertaan mereka sejauh ini.

Dari 21 kali bertarung di final, Indonesia berhasil menjadi juara dalam 14 edisi sekaligus memegang rekor sebagai negara yang paling sering menjuarai Piala Thomas.

Indonesia melaju ke final Piala Thomas 2022, setelah melawati pertarungan nan menegangkan dan menaklukkan Jepang dengan skor tipis, 3-2.

India pun melewati babak semifinal yang tak kalah dramatisnya melawan Denmark. Mereka akhirnya menang juga dengan skor ketat, 3-2.

Di final ini, Indonesia menurunkan formasi yang sama dengan ketika bermain di semifinal Piala Thomas. Anthony Ginting tampil di partai perdana. Dia bertemu Lakshya Sen. Ginting saat ini menempati urutan kelima dunia sementara Sen kesembilan. Keduanya pernah bertemu sekali dan dimenangkan Sen.

Di partai kedua di nomor ganda, Indonesia menurunkan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Ganda yang baru dimainkan di Piala Thomas 2022 tersebut memang kian meningkat grafik permainannya dan kian padu.

Itulah alasan yang membuat ganda dadakan ini akan kembali ditampilkan. Ganda tanpa peringkat ini akan bertemu Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, yang kini menempati peringkat kedelapan dunia. Ini akan menjadi pertandingan pertama bagi kedua pasangan.

Pada partai ketiga, Indonesia tetap mempercayakan Jonathan Christie untuk tampil. Pemain peringkat kedelapan dunia ini bakal ditantang Kidambi Srikanth. Srikanth saat ini menempati urutan ke-11 dunia. Kedua pebulutangkis ini telah bertemu 9 kali dan 5 di antaranya dimenangi Jonatan Christie.

Di partai keempat, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan tampil. Ganda peringkat ketujuh dunia itu akan berjumpa MR Arjun/Dhruv Kapila. Arjun/Kapila saat ini menempati peringkat 39 dunia. Kedua pasangan ini pernah bertemu tiga kali sebelumnya dan semuanya dimenangi Fajar/Rian.

Di partai kelima, Indonesia menampilkan Shesar Hiren Rhustavito. Pemain peringkat ke-24 dunia ini akan bertemu HS Prannoy. Pemain yang menjadi penentu kemenangan India ketika mengalahkan Denmark tersebut saat ini memiliki peringkat ke-23 dunia. Shesar dan Prannoy pernah bertemu dua kali sebelumnya dan semuanya dimenangi Prannoy.

Susunan pemain final Piala Thomas Indonesia vs India, Minggu (15/5/2022)

1. Tunggal: Anthony Sinisuka Ginting vs Lakshya Sen 21-8, 17-21, 16-21.

2. Ganda: Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty 21-18, 21-23, 19-21.

3. Tunggal: Jonatan Christie vs Kidambi Srikanth 15-21, 21-23.

4. Ganda: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs MR Arjun/Dhruv Kapila

5. Tunggal: Shesar Hiren Rhustavito vs HS Prannoy