Logo

Divonis Kanker, Kiki Fatmala Syok dan Sempat Siapkan Kuburan

Artis senior Kiki Fatmala. (Foto: Instagram)

INFOSULAWESI.com, JAKARTA --  Artis senior Kiki Fatmala mengaku syok dan tak mampu berkata-kata usai tim dokter memvonis dirinya mengidap kanker paru stadium 4 pada November 2021 lalu. Namun kini kesehatan wanita kelahiran Jakarta, 26 Oktober 1968 itu berangsur pulih setelah menjalani kemoterapi di Singapura.

Bahkan saking stresnya, Kiki Fatmala mengaku sudah menyiapkan kuburan dan surat wasiat pada keluarganya bila dirinya meninggal dunia. Hal itu diungkapkan Kiki kepada Maia Estianty saat dirinya diundang dalam podcast Maia belum lama ini.

"Saya divonis kanker paru stadium 4 itu pada 19 November 2021 oleh dokter. Saat tahu itu, saya sudah nggak bisa ngomong. Nangisnya tuh cuma keluar air mata, nggak setop. Wah lemes deh," ungkap Kiki kepada mantan istri Ahmad Dhani mengawali ceritanya.

Saat tahu dirinya mengidap kanker paru, Kiki sudah pasrah. Dia pun berbicara dengan suaminya, Christoper terkait masalahnya itu.

"Saat itu saya nangis sampai 2 hari dan suami benar-benar ikut nangis. Saat itu saya gak lagi bisa tidur, gak nafsu makan dan sempat bicara sama suami terkait warisan yang bakal aku kasih ke orang lain dan lokasi dikuburnya. Saya juga sudah telepon notaris dan tulis surat wasiat bilamana nanti saya meninggal," lanjutnya.

Namun begitu, dirinya dan suami juga terus mengupayakan kesembuhan. "Setelah 2 hari kita nangis-nangis, akhirnya kita bilang 'udah ya, kita stop ya, kita jangan nangis lagi'. Saya harus fokus ke depannya, pengobatan apa yang dipilih. Jadi habis 2 hari itu kita berdua udah nggak nangis lagi, kita janji nggak mau nangis lagi," ujarnya.

Kiki kini bisa bernafas lega usai tim dokter menyatakan dirinya sembuh setelah menjalani pengobatan di Singapura. Berkat pengobatan intensif ditambah empat kali menjalani kemoterapi, Kiki bisa kembali sehat setelah berjuang melawan kanker paru.

"Ya namanya kita manusia ya, ada masalah mau larinya ke mana lagi kalau bukan ke Tuhan, dan saya bersyukur Tuhan masih kasih saya kesempatan untuk hidup dan memperbaiki diri setelah saya berupaya mengobati penyakit saya ini," tandasnya. (BS)