Logo

Gedung Baru Kantor Camat Tompobulu Resmi Digunakan, Bupati Maros: Wilayah Ini Akan Menjadi Pusat Pemerintahan dan Ekonomi.

Bupati Maros Bersama Rombongan

INFOSULAWESI.com,  MAROS -- Penggunaan gedung baru Kantor Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros resmi dimulai hari ini dengan lakukan agenda acara syukuran, Jumat (20/05/2022).

Hadir dalam agenda syukuran penggunaan gedung baru ini Bapak Bupati Maros, Ibu Wakil Ketua 1 DPRD Maros, kadis PU Kab. Maros, Kapolsek tompobulu, Danramil Tompobulu, Kepala UPT Puskesmas Tompobulu, Kepala Desa se-Kecamatan Tompobulu, pak Camat Turikale, Camat Marusu, Kepala Dusun se-Kecamatan Tompobulu, ibu Ketua Penggerak PKK Tompobulu, OKP, Karang taruna, JPKP, DKR, Pramuka Ranting Kec. Tompobulu dan tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Kantor Camat  Tompobulu ini awalnya dibangun oleh Bupati Maros periode sebelumnya bapaka Hatta Rahman pada tahun 2020 dengan menelan biaya sebanyak kurang lebih 3 milyar rupiah, kemudian dilanjutkan pembangunannya oleh Bupati Maros periode saat Ini bapak Chaidir Syam.

Pada tahun 2021 akhir dengan memakai anggaran sekitar 500 juta rupiah. Jadi total anggaran yang dikeluarkan untuk bangunan Kantor Kecamatan Tompobulu Maros sekitar 3,5 milyar rupiah.

Yusriadi Arif, SS. selaku Camat Tompobulu menyampaikan dalam sambutannya bahwa merupakan tugas pertama diterimanya dari Bupati Maros untuk secepatnya menempati gedung ini.

Dalam sambutannya Yusriadi Arif juga memperkenalkan dan mendeklarasikan komitmen dan semangat bersama unsur pemerintahan Kecamatan Tompobulu beserta seluruh jajarannya yang bernama Tippa.

Tippa adalah singkatan dari Tanggap Inisiatif Proaktif Peduli dan Amanah. Tippa adalah sebuah kata dari bahasa makassar yang berarti cepat. "Jadi Tippa hadir dengan tujuan untuk mendorong percepatan pelayanan, percepatan pembangunan". Ungkap Camat Tompobulu.

Beliau juga menambhakan bahwa apa yang mereka lakukan bukan termasuk program kegiatan, karna dikecamatan tidak ada program kegiatan.

"Apa yang kami lakukan adalah bagaimana mengakselarasi program kegiatan yang telah ditetapkan oleh visi misi Bapak Bupati bersama Wakil Bupati Maros agar bisa mendorong arah dan target pembangunan". Tambahnya.

Menurut Bupati Maros Chaidir Syam dalam Sambutannya mengatakan bahwa Kantor Camat Tompobulu yang baru ini harus segera di mamfaatkan karena lokasinya sangat strategis dan dilalui oleh 5 desa, sehingga dipesan kepada camat agar secepatnya digunakan.

"Dan juga telah disepakati bahwa wilayah ini adalah wilayah pemerintahan dan juga pusat ekonomi, sehingga selain pembangunan kantor camatnya ditempat ini pasarnya juga ikut diperbaiki". Ungkap Bupati Maros.

Beliau juga menambahkan bahwa Tompobulu merupakan kecamatan yang kedepannya akan semakin cerah, karena akan ada banyak sarana dan prasarana yang dibangun. Diantaranya SPN yang sementara pembangunan, akan ada juga pembangunan tempat Diklat SAR sewilayah timur.

Itu semua akan menambah mobilitas yang ada di Tompobulu. Didukung juga oleh destinasi wisata yang semakin banyak diantaranya Hutan Pinus Tala-tala, Wisata Rapang-rapang dan juga air terjun yang lumayan banyak". Paparnya.

Bupati juga berharap pemamfaatan gedung baru menjadi spirit baru penambah semangat untuk para ASN dan juga semua pegawai dikantor kecamatan untuk lebih meningkatkan pelayanannya. Sementara untuk kantor camat lama menurut Bupati akan difikirkan selanjutnya bagaimana situasinya dan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Salah satu tokoh pemuda Awal Manggau yang juga selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Tompobulu Sangat menyetujui atas berpindahnya kantor camat ini.

"Dari sisi letak geografis Kantor Kecamatan Tompobulu yang baru lebih mempermudah masyarakat untuk lebih mengefisienkan waktu jarak tempuhnya, terkhusus untuk warga dari Desa Bonto Manurung dan Bonto Somba karena berada di Desa Tompobulu yang bisa dibilang pusar wilayah Kec.Tompobulu.

Yahh, yang namanya keputusan  pasti ada plus Minesnya, tapi dengan harapan dan optimisme semoga tujuan-tujuan baiknya dapat terealisasi dengan baik". Ungkap Awal. Acara ditutup dengan penandatanganan deklarasi Tippa oleh segenap hadirin disaksikan oleh Bupati Maros.(Chairil A/Info Sulawesi)