Logo

Tingkatkan PAD, Pemprov Sulbar Ajak Pemkab Lakukan Terobosan

Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh. fOTO: Diskominfo Sulbar

MAMUJU -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengajak pemerintah daerah agar melakukan terobosan untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

"Saya mengajak pemerintah daerah yang masih rendah PAD-nya agar melakukan terobosan untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan PAD," kata Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh, di Mamuju, Jumat (26/4/24).

Penjabat Gubernur juga meminta seluruh pemerintah daerah di Sulbar untuk memanfaatkan program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM), menurunkan stunting, menurunkan angka kemiskinan serta meningkatkan poin infrastruktur yang baik.

"Bagi daerah yang memiliki PAD tinggi tetapi angka kemiskinan cukup tinggi maka harus mengevaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program kegiatan di APBD agar tepat sasaran," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Pemerintah daerah, lanjut Zudan Arif Fakrulloh, harus kreatif dalam menggali berbagai potensi agar dapat menumbuhkan ekonomi daerah itu.

Ia juga meminta agar pengelolaan potensi daerah dilakukan secara optimal sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Berbagai potensi pendapatan daerah harus dikelola secara optimal sehingga dapat memberikan manfaat pada kemajuan daerah dan masyarakat di Sulbar," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Pemerintah Provinsi Sulbar sendiri pada pada APBD tahun 2024, menetapkan target pendapatan asli daerah Rp513,3 miliar, target pajak daerah sebesar Rp403,9 miliar dan retribusi daerah sebesar Rp16,1 miliar.