Logo

Ini 10 Nama Mencuat Bakal Ramaikan Bursa Cabup-Cawabup Tojo Una-Una 2024

TOUNA -Jelang Pilkada 2024, sedikitnya ada 10 nama calon yang muncul akan ikut bertarung   bursa Cabup-Cawabup Tojo Una-Una 2024.

Catatan media infosulawesi, Hingga Rabu 26 Juni 2024, deratan  Nama calon  yang muncul Antara lain incumben Wakil Bupati Touna Ilham Lawidu yang juga Ketua DPD II Partai Golkar.

Nama Ilham Lawidu muncul setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 lalu.

Ia pun sudah melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk dan baliho disejumlah titik lokasi  di Ampana.

Ilham mengaku sudah mendapat surat perintah dari DPP Partai Golkar untuk maju sebagai cabup pada Pilkada 2024.

Ilham sebagai dewan pimpinan partai daerah  tengah memperkuat konsolidasi internal partai, sekaligus menjalin komunikasi dengan partai politik lain yang bakal diajak untuk berkoalisi pada Pilkada 2024 nanti.

Selain itu ada nama Samsulrijal Labatjo dengan Syaiful B. Laborahima,kedua berpasangan maju melalui jalur perseorangan

ada juga  nama anggota DPRD Sulteng Imam Kurniawan Lahay  (IKL) yang tidak lain anak dari Bupati Touna Mohammad Lahay.

IKL atau yang biasa disapa Bony itu merupakan anggota DPRD Sulteng terpilih pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu, kabarnya akan ikut kontestasi.

Ada juga mantan Sekda Touna Sovianur Kure, dan  Rendi A. Lamajido

Untuk Calon Wakil Bupati
Sementara ini , dibursa calon wakil bupati (cawabup) ada Mahmud Lahay, Ismail Labatjo,Taslim DM. Lasupu dan Hj.Surya,S.Sos,M.Si.

Selanjutnya Nama  Surya, S.Sos,M.Si mencuat baru-baru ini yang bakal diusung Partai PKB, PBB dan Perindo untuk mendampingi cabup Ilham Lawidu.

Surya saat ini masih tercatat sebagai Sekretaris DPRD Tojo Una-Una, namun dari hasil survei Partai Golkar nama mantan Kadis Dikpora semasa kepemimpinan Bupati dua Periode Damsik Ladjalani itu melambung tinggi dari rival-rivalnya.

Diketahui bahwa Surya.S.Sos merupakan ponakan eks Bupati Poso Ari Patanga, dan juga kader terbaik Bupati Touna Damsik Ladjalani serta Hj.Yufni Bungkudapu,M.Si.

Mengenai sepak terjang Surya S.Sos.,tidak diragukan, karena  berbekal pengalamannya selama 38 tahun menjadi birokrat.