Logo

Maulid Nabi Muhammad Momen Mempererat Persatuan dalam Keberagaman

Salah satu tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Gorontalo. foto istimewa

PERINGATAN Maulid Nabi Muhammad SAW, selalu menjadi momen istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Maulid bukan hanya momentum mengenang kelahiran Rasulullah, tetapi juga menghayati ajaran-ajaran luhur yang telah disampaikan Rasulullah. 

Dalam konteks bangsa Indonesia, Rasulullah telah mengajarkan bahwa perbedaan bukanlah alasan untuk terpecah, melainkan sebagai kekuatan yang harus dijaga dan dirawat. Kiranya ajaran itu dapat menjadi inspirasi, karena seperti kita tahu, Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan, suku, dan agama.

Keberagaman sesungguhnya adalah anugerah yang seharusnya menjadi kekuatan. Oleh karenanya, di era modern dan dinamika sosial-politik yang sering kali memperuncing perbedaan, kita harus mengingat kembali pesan-pesan Rasulullah, mengenai pentingnya menjaga persaudaraan, baik sesama umat muslim, antar pemeluk agama, bangsa, maupun sesama manusia. 

Moderasi beragama yang sering digaungkan pemerintah, sebenarnya juga merupakan salah satu pendekatan yang sangat penting, dalam membangun masyarakat yang harmonis dan berkeadilan. Dan sebagai bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, kita tentu memiliki tanggung jawab moral, untuk menjaga persatuan di tengah keberagaman.

Oleh karenanya, dengan semangat Maulid Nabi Muhammad SAW, mari kita makin eratkan tali persaudaraan, saling menguatkan, serta bersama-sama menjaga keutuhan bangsa, di tengah keragaman.