Logo

Kantor Pertanahan Touna Paparkan Progres Capaian Program Strategi Nasional

INFOSULAWESI.com, TOUNA --Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mendorong masyarakat untuk melakukan pendaftaran tanah melalui program sistematis lengkap ( PTSL).

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Tojo Una-Una, Siswoyo, S.ST.,M.A.P., yang didampingi Plt Kasi 5, Akbar Sapto Indra Dewa, Analisis Pertanahan Seksi 2 Slamet Riyadi serta Kepala Seksi Survei dan Pemetaan Kantor Pertanahan Sabir,S.H., kepada smedia sat di temui rabu 31 Mei 2023 di kantornya.

Siswoyo menuturkan, salah satu program pertanahan unggulan yang sudah dikenal masyarakat Tojo Una-Una adalah PTLS, dengan capaian progres 10 persen per 28 Mei 2023.

Menurutnya, untuk redistribusi tanah pada tahun 2023 di Kabupaten Tojo Una-Una sudah mencapai 40,7 persen dari jumlah target 750 bidang. 

Sementara realisasi pemetaan, kata Siswoyo, kini sudah mencapai 107 bidang atau 21,4 persen, dan pemberkasan 220 bidang dengan potensi K1 30 bidang.

Kemudian 190 bidang yang sudah siap diserahkan untuk dua belas  kelurahan /desa, diantaranya  Sansarino, Malotong, Bonerato, Bailo Baru, Padang Tumbuo, Marowo, Borone, Uematopa, Mantangisi, Sumoli, Labiabae dan Ampana,"ujarnya.

Sedangkan realisasi Inventarisasi sebanyak 300 berkas atau 60 persen, tersebar di desa Malei Tojo, Matako, Bambalo, Galuga, Nggawia, Uebone, Longge, Balingara, dan Sukamaju, lanjut Siswoyo.

"Target pendaftaran sistematis lengkap (PTSL) di Kabupaten Tojo Una-Una tahun 2023, sejumlah 1935 sertipfikat hak atas tanah (SHAT) dari 1500 Hektare peta bidang tanah (PBT),"paparnya.

Siswoyo menambahkan, bahwa kegiatan Lintas Sektoral UMKM dan Nelayan tahun 2023 sejumlah 50 bidang. Namun yang baru masuk mendaftar sejumlah 37 desa, sisanya tinggal menunggu Dinas Perikanan,"tutupnya. (JFR/Insul)

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News