Logo

Harapan Indonesia Lolos Piala Dunia 2026 Masih Ada

Ekspresi penyerang Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, ketika gagal memanfaatkan peluang emas mencetak gol dalam laga melawan Irak, di Stadion GBK Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2026) (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

KAMIS 6 Juni 2024 kemarin sore Timnas Indonesia belum mampu mengunci tiket lolos ke kualifikasi akhir Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kekalahan dari Irak di Stadion GBK Senayan, Jakarta, menjadi penyebabnya.

Seandainya Indonesia bisa menang atas Irak, otomatis sudah lolos ke kualifikasi putaran akhir, yang dalam sejarahnya belum pernah dijejaki Indonesia. Namun sekarang Indonesia harus mempertaruhkan nasib di pertandingan terakhir kualifikasi putaran kedua Grup F melawan Filipina.

Saat ini Indonesia ada di peringkat kedua Grup F dengan perolehan 7 poin. Unggul 1 poin atas Vietnam yang pada Kamis malam mengalahkan Filipina 3-2.

Di pertandingan terakhir Vietnam akan bertemu Irak, dan mereka dituntut menang karena siapa tahu Indonesia terpeleset ketika menghadapi Filipina, misalnya seri atau kalah. Dengan begitu jika Vietnam menang maka bisa menyalip di posisi kedua dan lolos mendampingi Irak ke kualifikasi akhir.

Usai pertandingan melawan Irak, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong meminta para pemainnya cepat bangkit. Melupakan kekalahan dari Irak dan fokus mengejar kemenangan atas Filipina.

Tentu Indonesia tidak boleh menggantungkan nasib dengan hasil pertandingan lain, dalam hal ini Irak mengalahkan Vietnam, supaya apapun hasil melawan Filipina tidak lagi berpengaruh buat Indonesia, karena tetap akan lolos. Hanya saja hal itu sangat berisiko, sehingga pilihan terbaik adalah mati-matian mengejar kemenangan atas Filipina.

Kita berharap skuad Merah Putih bisa mencetak sejarah dengan lolos ke fase terakhir dari kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Maka itu kita dorong dan terus beri semangat kepada Timnas Indonesia, supaya gigih berjuang hingga titik penghabisan ketika melawan Filipina.