Logo

Jokowi Berikan Rp 130 Miliar untuk Peraih Medali SEA Games, Ini Daftarnya

INFOSULAWESI.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bonus kepada atlet peraih medali SEA Games Vietnam di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/6/2022). Total bonus yang diberikan kepada atlet sebesar Rp 130,5 miliar.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyatakan rasa bangga dan senangnya, karena ada 408 atlet yang memperoleh medali, baik itu emas, perak maupun perunggu.

“Pagi hari ini saya bangga, saya senang bahwa dari 499 atlet yang kita kirim ke SEA Games ke 31 di Vietnam sebanyak 408 atlet semuanya memperoleh medali, baik emas, perak maupun perunggu,” kata Jokowi di hadapan para perwakilan atlet yang hadir.
Capaian prestasi ini, dinilai Jokowi, sangat baik, karena sekitar 82% atlet yang dikirimkan berlaga di SEA Games dapat membawa medali emas ke Indonesia.

“Ini artinya, 82% atlet yang kita kirimkan kembali membawa medali pulang ke Tanah Air,” ujar Jokowi.

Jokowi menyatakan sependapat dengan Menteri Pemuda Olahraga Zainuddin Amali bahwa membangun ekosistem yang baik, itulah yang akan memberikan hasil dan fokus kerja.

"Kerjanya juga fokus, kirim tidak usah banyak-banyak sampai 840 pada tahun sebelumnya tetapi hasilnya meningkat,” terang Jokowi.

Ternyata, lanjut Jokowi, dengan membangun ekosistem yang baik itu, peringkat Indonesia di SEA Games mengalami peningkatan.

Dari SEA Games 2019 berada di peringkat ke-4, sekarang di SEA Games Vietnam, Indonesia mampu berada di peringkat 3.

“Dan kalau kita lihat seperti yang saya sampaikan yang lalu sebelum berangkat, 2015 kita peringkat kelima, 2017 peringkat ke-5, 2019 peringkat ke-4 dan sekarang kita masuk ke peringkat 3 meskipun kita hanya mengirimkan 499 atlet," jelas Jokowi.

Jokowi menyebut total bonus yang diberikan kepada seluruh atlet kurang lebih Rp 130,5 miliar. Sedangkan total bonus yang diberikan untuk pelatih dan asisten pelatih yakni Rp 32 Miliar.

"Semoga ini memberikan inspirasi, memberikan motivasi kepada atlet-atlet yang lain untuk nantinya di ajang internasional, apa pun bisa mengharumkan nama bangsa dan negara," tutur Jokowi.

Di SEA Games 2021 yang digelar di Vietnam pada 12-23 Mei 2022, Tim Merah Putih berhasil memperoleh sebanyak 69 medali emas, 91 perak, dan 81 perunggu atau total sebanyak 241 medali.

Perincian bonus untuk atlet:
Peraih medali emas tunggal Rp 500 juta
Peraih medali emas ganda Rp 400 juta
Peraih medali perak tunggal Rp 300 juta
Peraih medali perak ganda Rp 240 juta
Peraih medali perak beregu Rp 210 juta
Peraih medali perunggu tunggal Rp 150 juta
Peraih medali perunggu ganda Rp 120 juta
Peraih medali perunggu beregu Rp 105 juta