Logo

Hari Ini 11 Parpol Lakukan Pendaftaran Pertama ke KPU Sebagai Peserta Pemilu 2024

Ilustrasi.

INFOSULAWESI.com, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (1/8) akan mulai membuka pendaftaran Parpol peserta Pemilu dan rencananya ada 11 partai yang mendaftar pada hari pertama.

Komisioner KPU Idham Holik pada Minggu mengatakan 11 parpol yang sudah memastikan datang mendaftar pada hari pertama, empat di antaranya merupakan parpol yang memiliki kursi di parlemen. Sisanya merupakan parpol luar parlemen atau yang baru pertama kali ikut Pemilu.

Ke-11 parpol tersebut adalah:

1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan)

2. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)

3. Partai Reformasi

4. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

5. Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA)

6. Partai Persatuan Indonesia (Partai Perindo)

7. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

8. Partai Nasdem

9. Partai Bulan Bintang (PBB)

10. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Partai Gelora Indonesia)

11. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Jalan Kaki

Pimpinan PDI Perjuangan (PDIP) menurut rencana akan mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendaftarkan diri menjadi peserta Pemilu 2024 dengan berjalan kaki.

"Besok [1 Agustus 2022] akan berjalan kaki sebagai bagian dari green ekonomi dan kesehatan jiwa dan raga sebagaimana yang dikumandangkan dalam Sicita," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Minggu (31/7).

PDIP akan jadi partai politik (parpol) pertama yang mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024. Menurutnya, PDIP harus jadi yang pertama sesuai instruksi dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Kami berangkat dari sini [kantor DPP PDIP] jam 07.25. Tadi kami sudah uji coba datang ke KPU itu sekitar 20 menit. Jadi kami datang on time. Tepat jam buka kantor KPU, kami datang," jelas Hasto.

Sumber: Berbagai Sumber