Logo

Bupati Minsel Hadiri RAKORLINSEK Padinakes Kemenkes Manado Serta Penandatanganan MoU

dwnoerinsul222_640_10

INFOSULAWESI.com, MINAHASA SELATAN -- Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH., menghadiri acara Koordinasi Lintas Sektoral dan Evaluasi Program Padinakes Tahun 2022 Poltekes Kemenkes Manado di ruangan pertemuan Bunaken Hotel Quality Manado, Kamis (24/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Franky tercatat sebagai satu-satunya Bupati/Walikota se-Sulawesi Utara yang menghadiri acara tersebut. Tak heran, kehadiran Bupati disambut antusias oleh Direktur Kementerian Kesehatan Manado Dra. Elisabeth Natalia Barung, M.Kes, Apt bersama jajaran dan para undangan lainnya.

Pada awal kegiatan tersebut, Barung  menjelaskan bahwa Program Afirmasi Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan atau Padinakes, adalah program keberpihakan pemerintah yang diatur secara khusus untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada siswa lulusan SMA sederajat yang berasal Daerah Terpencil, Perbatasan, dan Kepulauan serta beberapa wilayah tertentu dengan permasalahan kesehatan dan/atau mahasiswa pada tahun terakhir yang akan ditempatkan di daerah Daerah Terpencil, Perbatasan, dan Kepulauan dengan permasalahan kesehatan, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Padinakes ini bertujuan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada lulusan SMA sederajat dari putra-putri yang diutamakan Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan dan daerah yang bermasalah kesehatan, untuk memperoleh pendidikan tinggi di Poltekkes Kemenkes. Bahkan, calon mahasiswa baru Padinakes melalui seleksi khusus, dapat diprediksi mampu beradaptasi dengan cepat dan menyelesaikan studinya sesuai ketentuan yang berlaku di Poltekkes Kemenkes, sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, untuk lulusan Poltekkes Kemenkes dari putra-putri Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan dan daerah bermasalah kesehatan yang dapat berkontribusi dalam pembangunan Nasional dan daerahnya melalui pemenuhan tenaga kerja di Puskesmas,” Jelas Barung.

Dipertengahan acara tersebut, Bupati Minahasa Selatan atas nama Pemkab Minsel melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktur Kementerian Kesehatan Manado Dra. Elisabeth Natalia Barung, M.Kes, Apt., dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Pendidikan khususnya dibidang Pendidikan, Penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta bentuk-bentuk kegiatan lain.

“Maksud dari penandatanganan Nota Kesepahaman ini, guna untuk peningkatan hubungan kelembagaan, kemitraan serta saling membantu dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan baik civitas akademika Poltekes Manado maupun pemkab Minsel sendiri," Ujar Bupati Franky

Hadir dalam kegiatan tersebut masing-masing Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI drg. Arianti Anaya, MKM,  Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, Dra Oos Fatimah Rosyati, M.Kes, Direktur Pendayagunaan Tenaga Kesehatan Kemenkes RI Anna Kurniati, SKM, MA, PhD, Sekprov Sulut  Steven H. Kepel, ST, MSi, Wakil Bupati Talaud Drs. Mocktar Arunde Parapaga, Sekdakab Minahasa Frits Muntu, SSos, Kepala BKD Provinsi Sulut Clay Dondokambey, SSTP, MAP, Kepala Badan kepegawanan dan SDM Kabupaten Minahasa Selatan Sonny Makaenas, AP, SIP, MSi dan Kadis Kominfo Minsel Ir. Max H. Weken dan pejabat teras Poltekes lainnya.