Logo

Argentina Melaju ke Perempat Final Setelah Kalahkan Australia 2-1

Para pemain Argentina merayakan kemenangan atas Australia pada pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 di di Stadion Ahmad Bin Ali, Minggu 4 Desemebr 2022 dini hari. (Foto: AFP/Kirill KUDRYAVTSEV)

INFOSULAWESI.com, MAKASSAR -- Argentina melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Australia 2-1 di Stadion Ahmad Bin Ali, Minggu (4/12/2022) dini hari.

Di babak perempat final Argentina akan bertemu Belanda yang mengalahkan Amerika Serikat 3-1.

Argentina sempat unggul 2-0 hingga menit ke-76. Namun, satu menit berikutnya, bek Enzo Fernandez mencetak gol bunuh diri.

Bola tembakan Craig Goodwin pada menit ke-77 membentur tubuh gelandang Enzo Fernandez. Bola pun berbelok arah dan masuk ke gawang yang dikawal Emilio Martinez. Sang kiper hanya terpaku melihat bola yang bersarang di sisi kiri gawang.

Setelah unggul 2-1 Argentina terus menggempur Australia. Namun, kiper Australia Mathew Ryan tampil baik dengan beberapa kali mengamankan gawangnya.

Australia juga terus berusaha mencetak gol. Namun, pertahanan Argentina sulit ditembus.

Peluang emas datang saat injury time, lewat pemain berusia 18 tahun Garang Kuol yang hampir mencetak gol. Untungnya, kiper Emiliano Martinez berhasil mengadang bola sempakan pemain yang akan bergabung dengan Newcastle United tersebut.

Sebelumnya, kiper Australia Mathew Ryan melakukan blunder pada menit ke-57 sehingga Julian Alvarez mencetak gol kedua bagi Argentina dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022. Argentina untuk sementara unggul 2-0.

Kiper klub Copenhagen tersebut sebelumnya mendapatkan umpan balik dari rekannya. Mathew Ryan yang mendapat tekanan dari dua pemain Argentina, Alejandro Gomez dan Alvarez, panik. Bola terlepas dari kakinya dan direbut Julian Alvarez. Dengan mudah pemain Manchester City ini mencetak gol.

Sebelumnya, Lionel Messi mencetak gol untuk Argentina ke gawang Australia pada menit ke-35 babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Meski diadang beberapa pemain Australia, pemain PSG tersebut mampu melepaskan bola ke arah kanan gawang yang dikawal kiper Mathew Ryan.

Pertarungan Argentina vs Australia, berlangsung dalam tempo cepat sejak peluit pertama dibunyikan.

Kendali pertandingan dimiliki Argentina. Namun, Australia, juga sering memberi ancaman. Hanya saja, mereka kesulitan mendekat gawang Argentina yang dikawal kiper Emiliano Martinez.

Dalam pertandingan tersebut, striker Angel Di Maria digantikan oleh Alejandro Gomez. Alejandro Gomez menemani Lionel Messi dan Julian Alvarez di lini serang.

Alejandro Gomez menjadi satu-satunya pergantian pemain yang dilakukan pelatih Lionel Scaloni dari skuad terakhirnya saat melawan Polandia. Angel Di Maria, yang tengah cedera, tetap berada di bangku cadangan.

Australia, lawan Argentina, juga membuat satu perubahan dari pasukannya yang mengalahkan Denmark, dengan membawa Keanu Baccus ke lini tengah untuk menggantikan Craig Goodwing, yang mencetak gol pertamanya di turnamen melawan Prancis.

Graham Arnold tetap memasang Milos Degenek untuk posisi bek kanan setelah merotasi Nathaniel Atkinson dan Fran Karacic pada tiga pertandingan terakhir mereka di fase grup.

Berikut ini susunan pemain laga 16 besar Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Australia di Stadion Ahmad Bin Ali, Doha:

Argentina (4-3-3) : Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Marcos Acuna; Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Alejandro Gomez, Lionel Messi (kapten), Julian Alvarez.
Pelatih: Lionel Scaloni (Argentina)

Australia (4-4-2): Mathew Ryan (kapten); Milos Degenek, Kye Rowles, Harry Souttar, Aziz Behich; Mathew Leckie, Aaron Mooy, Jackson Irvine, Keanu Baccus; Riley McGree, Mitchell Duke.

Pelatih: Graham Arnold (Australia) (B1)