Logo

Dispora Sulsel Jadwalkan Sport Tourism 2023

Ilustrasi. Komunitas pelari yang akan mengikuti Geopark Half Marathon 2023. ANTARA

INFOSULAWESI.com, MAKASSAR -- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan merencanakan sport tourism atau wisata olahraga untuk memperkenalkan berbagai kawasan pariwisata Sulsel melalui giat olahraga pada tahun ini.

Kepala Dispora Sulsel Suherman di Makassar, Kamis mengemukakan bahwa pihaknya mulai merumuskan sejumlah olahraga yang akan mengeksplorasi kawasan wisata Sulsel, seperti olahraga panjat tebing dan balap sepeda.

"Dispora akan membuat, bukan cuma atletik tapi panjat tebing di ruang terbuka, balap sepeda juga sekaligus untuk mencari bakat atlet nasional," ujarnya.

Sport tourism seperti balap sepeda dan panjat tebing direncanakan bakal digelar di Kabupaten Luwu, Palopo dan Bone.

Menurut Suherman, lewat sport tourism, para atlet langsung akan disuguhkan panorama alam yang Indah di Sulsel. Maka dengan begitu, promosi wisata Sulsel juga dilakukan di samping giat berolahraga.

Salah satu kegiatan yang sejalan dengan program ini ialah Geopark Half Marathon 2023 yang akan mengeksplor kawasan wisata Geopark Sulawesi Selatan yang berada di Kabupaten Maros dan Pangkep.

Kegiatan ini digelar pada 25 Juni 2023 mendatang di Taman Nasional Bantimurung, Kabupaten Maros, yang merupakan salah satu bagian dari Geopark Maros Pangkep. Geopark Half Marathon 2023 menawarkan tiga kategori perlombaan yakni 5k, 10k dan 2k.

"Lintasan lari ini kami janji peserta akan menikmati kawasan yang sangat luar biasa karena bukan saja terbesar kedua di dunia tapi juga resorter Unhas dan Griffith University menemukan lukisan dinding tertua di dunia yang menggeser peradaban Eropa," kata GM Geopark Maros Pangkep Dedy Irfan.