Logo

Calon Panglima TNI Agus Akan Jalani Uji Kelayakan di DPR-RI Hari ini

Kepala Staf Angkat Darat (KSAD) Agus Subiyanto saat dilantikan jadi KASAD di Istana (Foto: Biro Pers Istana)

Jakarta -- DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto hari ini, Senin (13/11/2023). Acara tersebut dijadwalkan berlangsung pada pagi hari.

"Fit and proper test itu akan dilakukan hari Senin tanggal 13 November pagi," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (9/11/2023). Meutya menyebut, fit and proper test akan diawali dengan paparan visi-misi Agus Subiyanto. 

"Penyampaian visi misi kurang lebih 30 menit dilakukan secara terbuka. Nanti jikalau ada pendalaman yang mungkin menemukan kerahasiaan maka rapat akan ditutup," katanya.

Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono bakal menyinggung sejumlah hal yang dianggap penting bersama Agus Subiyanto. "Ada sejumlah hal-hal urgent akan kami ulas, setelah mendengar presentasi dari calon Panglima TNI," kata anggota Komisi I Dave Laksono, (12/11/2023).

Dave mengatakan isu penting yang akan ditanyakan ke Agus diantaranya adalah pengamanan pemilu dan isu Papua. Soal perdamaian di Papua, kata Dave, Komisi I DPR RI ingin melihat bagaimana calon Panglima TNI mengambil langkah-langkah menuju perdamaian di Bumi Cendrawasih tersebut.

"Ini kan konflik yang berkepanjangan dan belum juga ada solusi yang permanen. Kami tentu juga ingin melihat tahapan-tahapan yang calon Panglima akan ambil menuju perdamaian," ujar Dave.

Agus Subiyanto jadi calon tunggal Panglima TNI yang diajukan Presiden Jokowi ke DPR. Saat ini Agus menduduki posisi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). 

Dia akan menggantikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Margono diketahui akan memasuki usia pensiun pada 26 November mendatang. (***)

Cek berita dan artikel yang lain infosulawesi.com di Google News