Logo

Meriah Pertunjukan Teater Tari Musik Dalam Peresmian Anggota Baru Sanggar Seni Asea Maros

INFOSULAWESI.com, MAROS -  Meriah Acara peresmian anggota baru angkatan ke-2 dari Sanggar Seni Asea Maros yang berlangsung di aula Kantor Camat Lau Kabupaten Maros, Sabtu, (20/01/2024).

Acara ini dihadiri oleh Camat Lau/mewakili, Bhabinkamtibmas Lau, Bhabinsa Lau, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan beberapa dari lembaga & sanggar seni di daerah Kab. Maros di antaranya Lembaga seni & Budaya SALOKOA, LSB.PAJAGA ADA', Sanggar seni BATARA MARU',. Serta beberapa OKP dan organisasi pemuda lainnya yang berdomisili di Kab. Maros.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan selanjutnya pembacaan doa oleh saudara Surya.

Fajri selaku ketua panitia acara dalam sambutannya sampaikan bahwa ini merupakan acara pertama yang mereka laksanakan dan berharap agar bisa terus melaksanakan acara seperti ini. "Acara ini bertujuan untuk melestarikan adat budaya khususnya yang ada di Kabupaten Maros", ungkap Fajri.

Akbar Mahmoed selaku Ketua Umum Sanggar Seni Asea dalam sambutannya ungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak Pemerintah Kecamatan atas fasilitas yang sudah diberikan sehingga acara bisa berjalan lancar. Beliau juga menyampaikan harapannya bahwa Sanggar Seni Asea yang berdomisili di wilayah Kelurahan Allepolea ini bisa menjadi wadah bagi para pemuda untuk terus melestarikan adat budayanya.

Apresiasi atas aktifitas yang sangat positif ini pun datang dari Bhabinkambtimas, Bhabinsa dan dari Pemerintah Kecamatan Lau. Dalam sambutannya mereka sangat mengapresiasi dan berharap agar acara seperti ini bisa terus berkelanjutan dilaksanakan sehingga kesadaran akan kelestarian adat budaya semakin terjaga.

Pentas seni yang digelar oleh Sanggar Seni Asea ini berjudul PANGNGURANGI yang berarti PENGINGAT. Yang mana pentas seni Teater Tari Musik Pangngurangi ini menceritakan sebuah kisah kehidupan sehari hari masyarakat, khususnya suku Bugis Makassar yang ada di Maros.

Sebuah cerita yang sangat menarik untuk disimak karena menghadirkan pesan moral serta ritual adat budaya yang masih terus dipertahankan oleh masyarakat saat ini.

Silahkan untuk simak videonya di chanel youtube Ritual Seni Budaya agar bisa melihat keseruan dan juga mengetahui tradisi yang senangtiasa masih teeus dilestarikan oleh Suku Bugis Makassar yang berdomisili di wilayah Kabupaten Maros dan sekitarnya. (Chairil Anwar/IS)